Pengembangan Media Roda Putar Dengan Kardus Bekas Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia 5-6 Tahun di Ra Al- Washliyah Kec. Ujung Padang Kab. Simalungun

Masganti sit, Hilda Putri Amallia, Sri Wahyuni

Abstract


Abstrak

Kemampuan bercerita anak usia 5-6 tahun di RA Al-Washliyah Ujung Padang selama ini cenderung monoton, hanya menggunakan media yang sama yaitu buku cerita saja. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan proses penggunaan, kepraktisan, media roda putar untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak usia 5-6 Tahun. Penelitian dilakukan  di RA Al-Washliyah Jalan Rivai Pekan Kecamatan Ujung Padang Kabupaten Simalungun.  Ujung Padang, pada tanggal 7 September  2020, jumlah anak yang diteliti sebanyak 20 anak. Metode penelitian ini adalah R and D (Research and Development) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Data penelitian ini diperoleh menggunakan angket validasi dari ahli desain media dan ahli materi, serta menggunakan lembar observasi. Dari hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh validator media dengan persentase 100% dengan kategori sangat layak. Hasil uji kelayakan yang dilakukan oleh validator materi mendapatkan persentase 90% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba anak pada tahap I persentase kemampuan bercerita 20%, pada uji coba tahap II persentase kemampuan bercerita 65%. Pada kemampuan bercerita anak meningkat dengan klasifikasi sangat tinggi memperoleh rata-rata skor 71, sehingga media roda putar kita dapat dikatakan efektif untuk meningkatkan kemampuan bercerita anak.

Kata Kunci: Media Roda Putar, Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini

 

Abstract 

The storytelling skills of children aged 5-6 years at RA Al-Washliyah Ujung Padang tend to be monotonous, only using the same media, namely story books. This study aims to develop the process of using, practicality, swivel wheel media to improve the storytelling ability of children aged 5-6 years. The research was conducted at RA Al-Washliyah Jalan Rivai Pekan, Ujung Padang District, Simalungun Regency. Ujung Padang, on September 7, 2020, the number of children studied was 20 children. This research method is R and D (Research and Development) which is adapted from Sugiyono's development model. The research data was obtained using a validation questionnaire from media design experts and material experts, and using observation sheets. From the results of the feasibility test conducted by the media validator with a percentage of 100% with a very feasible category. The results of the feasibility test conducted by the material validator get a percentage of 90% with a very decent category. The results of the trial of children in stage I the percentage of storytelling ability was 20%, in the trial stage II the percentage of storytelling ability was 65%. In children's storytelling ability increased with a very high classification obtaining an average score of 71, so that our rotating wheel media can be said to be effective in improving children's storytelling abilities.

Keywords: Spin Wheel Media, Early Childhood Storytelling Ability

Full Text:

PDF

References


Agusniatih, Andi, dan Jane M Monepa. 2019. Keterampilan Sosial Anak Usia Dini, Jawa Barat: Adu Publisher.

Anggraini, Putri. 2016. Pengembangan Media Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia 4-5 Tahun, Universitas Negeri Surabaya.

Arifin Zakaria, Zainal. 2016. Tafsir Inspirasi, Medan: Duta Azhar.

Fadilah. 2017. Bermain dan Permainan Anak Usia Dini, Jakarta: Kencana.

Fadillah, dkk. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif, dan Menyenangkan, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ginnis, Paul. 2008. Trik dan Taktik Mengajar, Jakarta: Indeks.

Hanifah, Nurdinah, dkk. 2018. Prosiding Seminar Nasional Membangun Generasi Emas 2045 yang Berkarakter dan Melek IT dan Pelatihan Berpikir Suprarasional, Sumedang: Upi Sumedang Press.

Khairunnisa. 2017. Pengembangan Media Permainan Roda Putar Berbasis Website Untuk Keterampilan Membaca Bahasa Prancis Siswa Kelas Xi Sma Angkasa Adisutjipto, Universitas Negeri Yogyakarta.

Khadijah. 2016. Pendidikan Prasekolah, Medan: Perdana Publishing.

Khadijah. 2015. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Medan: Perdana Publishing.

Khadijah. 2016. Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Teori Dan Pengembangannya, Medan: Perdana Publishing.

Kustiawan, Usep. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Malang: Gunung Samudra.

Latif, Mukhtar. 2013. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini Teori Dan Aplikasi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Maisarah. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Medan: Akasha Sakti.

Risaldy, Sabil. 2015. Bermain, Bercerita & Menyanyi Bagi Anak Usia Dini, Jakarta: Luxima Metro Media.

Sumiharsono, Rudi dan Hisbiyatul Hasanah. 2017. Media Pembelajaran, Mataram: Pustaka Abadi.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D), Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori), Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Kencana.

Tune Sumar, Warni dan Intan Abdul Razak. 2016. Strategi Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill, Yogyakarta: Deepublishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v9i2.1302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.