Peran Orang Tua Menjadi Guru Pendamping Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Portibi Julu

Khadijah Khadijah, Arlina Arlina, Welni Welni, Maisarah Maisarah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peran orang tua dan kendala yang dialami orang tua sebagai guru pendamping anak pada masa pandemi covid-19 di desa Portibi Julu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Partisipan pada penelitian ini, yaitu: tiga orang tua di desa Portibi Julu Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Syarat partisipan, yaitu: orang tua yang mempunyai anak berusia 5-6 tahun di Desa Portibi Julu dan anak tersebut terdata aktif sebagai peserta didik pada lembaga PAUD/ TK/ sederajat. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu: wawancara terstruktur. Analisis yang dilakukan yaitu dengan konsep Miles dan Hubermen yaitu analisis data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada empat peran orang tua menjadi guru pendamping anak usia 5-6 tahun di masa pandemi covid-19 yaitu: sebagai guru, fasilitator, motivator, dan pengasuh; dan (2) kendala yang dialami orang tua berupa orang tua sibuk bekerja, orang tua tidak sabar mengajari anak dan orang tua sulit untuk menumbuhkan minat belajar anak.

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R. N., Fakhriyah, F., & Ahsin, M. N. (2021). Peran Orang Tua sebagai Fasilitator Anak dalam Proses Pembelajaran Online di Rumah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 105–117. https://doi.org/10.30659/pendas.8.2.105-117

Azwar, S. (2010). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Khadijah, Budianti, Y., Anjani, T. A. D., & Maisarah. (2021). Penggunaan Pasir Warna dalam Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama dan Moral, Kognitif, Bahasa, Fisik-Motorik, dn Sosial Emosinoal Anak Usia 4-5 Tahun. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 201–210. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12673

Khadijah, Nasution, D. A., Maisarah, & Ritonga, A. A. (2022). Pengaruh Permainan Terompah Terhadap Motorik Kasar, Bahasa, dan Sosial-emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4026–4038. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1762

Khairunnisa, F., & Fidesrinur, F. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengembangkan Perilaku Berbagi dan Menolong pada Anak Usia Dini. JURNAL AUDHI, 4(1). https://doi.org/10.36722/jaudhi.v4i1.703

Maisarah. (2020). PTK dan Manfaatnya Bagi Guru. Bandung: Media Sains Indonesia.

Maisarah, Lestari, T. A., & Sakulpimolrat, S. (2022). Urgensi Pengembangan Media berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(1), 65–75. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/eunoia/index

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Beverly Hill: Sage Publications Inc.

Nirmala, R. (2021). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wlahar Kecamatan Wangon [IAIN Purwokerto]. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/12219/

Nurlaeni, N., & Juniarti, Y. (2017). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kemampuan Bahasa Pada Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 2(1). https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v2i1.196

Rahayu, P., Rohana, R., & Febriani, E. (2021). Analisis Peran Orang Tua Sebagai Pengganti Guru Sekolah di Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMP Negeri 1 Panai Tengah Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.157

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Aproach). Yogyakarta: Deepublish.

Sejati, S. (2019). Hirarki Kebutuhan Menurut Abraham H. Maslow dan Relevansinya dengan Kebutuhan Anak Usia Dini dalam Pendidikan Islam [IAIN Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/2792/

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitattif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Jurnal EDUKASI (Media Kajian Bimbingan Konseling), 1(1). https://doi.org/10.22373/je.v1i1.315

Wandi, S., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2013). Pembinaan Prestasi Ekstrakurikuler Olahraga di SMA Karangturi Kota Semarang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 2(8), 524–535. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr/article/view/1792

Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1). https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90. http://jurnaldiakom.kominfo.go.id/index.php/mediakom/article/view/20




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.