PENGABDIAN MASYARAKAT NASIONAL MAGISTER MPI FITK UINSU MEDAN DAN FTK UIN AR RANIRY DI DAYAH SIDIQ

Makmur Syukri, Ahmad Syarqawi, Mansur Keling

Abstract


Pengabdian masyarakat menjadi bagian penting dalam kegiatan wajib para akademisi dan tidak dapat dipisahkan dari tugas-tugas lainya. Tulisan ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pelaksanaan pengabdian masyarakat nasional magister MPI di Dayah Sidiq, pelaksanaan manajemen perencanaan karier di Dayah Sidiq dan respon pendidik dan kependidikan terhadap kegiatan pengabdian masyarakat nasional di Dayah Sidiq. Metode penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan data dalam penelitian adalah kualitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak tujuh orang dan dipilih berdasarkan purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Data dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan pengabdian masyarakat nasional magister MPI di Dayah Sidiq berlangsung sesuai dengan rencana secara efektif dan efisien, pelaksanaan manajemen perencanaan karier di Dayah Sidiq masih dalam tahap perencanaan untuk mendapatkan pola karier yang sesuai dengan sistem pendidikan di Dayah dan respon pendidik dan kependidikan terhadap kegiatan pengabdian masyarakat nasional di Dayah Sidiq sangat antusias dan berharap akan diadakan pengabdian lanjutan.


Keywords


Pengabdian, Dayah Sidiq

Full Text:

PDF

References


Adekola, B. (2011). Career Planning and Career Management as Correlates for Career Development and Job Satisfaction a Case Study of Nigerian Bank Employees. Australian Journal of Business and Management Research. 1 (2).

Ahyar, J. (2019). Memotivasi Anak dalam Pendidikan dan Moral di Gampong Meunasah Dayah SPK, Kecamatan Simpang Keuramat, Kabupaten Aceh Utara. Lhokseumawe: LPM Universitas Malikussaleh.

Ali, Z., Z. (2021). Kuliah Pengabdian Masyarakat dari Rumah Berbasis Moderasi Beragama. Dedikasi: Jurnal Pngabdian Masyarakat. 3. (2).

Bardick, A. D., et al. (2004). Junior High Career Planning: What Students Want. Canadian Journal of Counselling. 38 (2).

Pradoko, A., S., D. (2017). Paradigma Metode Penelitian Kualitatif Keilmuan Seni, Humanira dan Budaya. Yogyakarya. UNY Press.

Ramud, F. (2022). Manajemen Peningkatan Mutu Kompetensi Guru. (Sebuah Konsep, Teori dan Penelitian Manajemen). Bogor: Azkiya Publishing.

Riduwan, A. (2016). Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Perguruan Tinggi. EKUITAS: (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan). 3. (2).

Syarqawi, et al. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling (Konsep dan Teori). Jakarta: Kencana.

Syukri, M. (2023). https://magister-mpi.uinsu.ac.id/magister-mpi-langsungkan-pengabdian-masyarakat-nasional-di-dayah-sidiq-banda-aceh/.

Syukri, M. (2023). Kinerja Guru Madrasah Aliyah (dalam Persfektif Supervisi Akademik dan Aktivitas Profesional Guru). Tasikmalaya: Rumah Cemerlang Indonesia.

Wisudanto, Thalib, P., Diana, E., Kholiq, M. N. (2022). Pemeriksaan Kesehatan Gratis GeNose C19 pada Santri Pondok Pesantren Nurul Khidmah Surabaya Oleh Pusat Pengelolaan Dana Sosial Universitas Airlangga. Janaloka. 1. (1).

Yuliawati, S. (2012). Kajian Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi Sebagai Fenomena Pendidikan Tinggi di Indonesia. Widya. 29. (318).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v2i2.3267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.