PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS ANAK ANAK DESA MELALUI PROGRAM PAI MENGAJAR DI LIMBUR LAMA KECAMATAN BERMANI ILIR KABUPATEN KEPAHIANG

Muhammad Idris, Ramaita Ramaita, Yoan Thomas Alpino

Abstract


Karakter religius merupakan poin utama dari 18 nilai karakter yang terdapat dalam Perpres nomor 87 tahun 2017. Sampai sekarang Pendidikan karakter masih menjadi focus pemerintah dengan keluarnya berbagai kebijakan. Pembinaan karakter religius pada anak-anak adalah tugas dan tanggungjawab bersama termasuk perguruan tinggi. PAI Mengajar merupakan program unggulan dari Program Studi Pendidikan Agama Islam pada bidang Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian ini dilakukan di Desa Limbur Lama Kecamatan Bermani Ilir dengan focus pembinaan pada karakter religius anak-anak desa melalui program PAI Mengajar. Pengabdian ini menggunakan metode pendampingan dan metode penyuluhan. Sasaran dalam pembinaan ini adalah anak-anak di Desa Limbur Lama.  Hasil dari pembinaan ini adalah pembinaan karakter religius meliputi: 1) komitmen terhadap perintah dan larangan agama, berupa; pembinaan dan pembelajaran tentang shalat lima waktu, 2) bersemangat mengkaji ajaran agama, berupa kegiatan pengajian dalam bentuk ceramah dan penyuluhan tentang keagamaan yang meliputi ibadah, akhlak dan akidah, 3) menghargai simbol-simbol agama, seperti menghormat masjid sebagai rumah ibadah, dan 4) akrab dengan kitab suci, berupa bimbingan dan pembelajaran al Quran dengan menggunakan metode Iqra’.


Keywords


Pembinaan, Karakter Religius, Anak-anak Desa, PAI Mengajar

Full Text:

PDF

References


Alim, Muhammad , 2006. Pendidikan Agama Islam: Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Amru Almu’tasim, Penciptaan Budaya Religius Perguruan Tinggi Islam, J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3 No. 1 Juli-Desember 2016

Asrori, Muhammad. 2008. Dinamika Pendidikan Islam Di Indonesia, Jurnal El-Harokah. Malang: UIN Press,

Awaludin, A. R. (2019). Pembentukan karakter religius melalui kegiatan mentoring di SMPIT Robbani Kendal [PhD Thesis]. UIN Walisongo Semarang.

Dwi Cahyaningrum, dkk, Implementasi Pendidikan Karakter Religius Siswa Sekolah Dasarmuhammadiyah Karangkajen Ii Yogyakarta Dimasa Pandemi COVID-19, Jurnal Pendidikan Karakter, Vol. 13 No.1, tahun 2022

Haidar Ahmad al-A‟raji, Fadhilah dan Khasiat Surah-surah Al-Qur‟an, Jakarta: Zahra, 2007,

M. Dahlan Al Barry dan Pius A Partanto, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: ARLOKA, 2011,

M. Mahbubi, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Pustaka Ilmu, 2012,

Muchlas Samani dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdalarya, 2016,

Mulyasa .(2012). Manajemen PAUD. Bandung : Remaja Rosdakarya

Palunga, R., & Marzuki, M. (2017). Peran Guru dalam Pengembangan Karakter Peserta DIdik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).

Permono, H. (2013). Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini.

Prabowo, S.H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran orang tua dalam pembentukan karakter anak di masa pandemi covid-19 perspektif pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191-207. DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v11i2. 7806.

Sutarjo Adisusilo, Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2012,

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintah RI Nomor 47 Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara, 2008,

Veronika Heny Priska, Pentingnya Menanamkan Karakter Sejak Dini, Edu Psy Couns Journal, Vol. 2 No. 1 Tahun 2020

Wulandari, Y., & Kristiawan, M. (2017). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Siswa dengan Memaksimalkan Peran Orang Tua. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 2(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v2i2.3266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.