EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSELING SELF UNTUK MENURUNKAN KEBIASAAN SIKAP PROKRASTINASI PADA SISWA DI MTS YPI AL-HASANAH TANJUNG LEIDONG

Misna Raziah, M. Fauzi Hasibuan

Abstract


Layanan individu adalah merupakan layanan bimbingan dan konseling yang memungkinkan peserta didik yang mendapatkan layanan langsung secara tatap muka dengan guru pembimbing (Konselor) dalam rangka pembahasan dan pengentasan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kebiasaan sikap prokrastinasi siswa MTs YPI Al-Hasanah Tanjung Leidong. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs YPI Al-Hasanah Tanjung Leidong Tahun Ajaran 2022/2023 yang ingin diatasi menurunkan kebiasaan sikap prokrastinasi yang berjumlah 3 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Efektivitas Konseling Individu Menggunakan Pendekatan Konseling Self Untuk Menurunkan Kebiasaan Sikap Prokrastinasi Pada Siswa Di MTs YPI Al-Hasanah Tanjung Leidong.


Keywords


Layanan Individu, Konseling Self, dan Sikap Prokrastinasi

Full Text:

PDF

References


Basri, A.S.H. (2017). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa ditinjau dari Religiusitas. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(2).

Fauziyah, N. V. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Individu dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mengatasi Perilaku Membolos Siswa: Literature Review. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling Teori Dan Praktik), 5(1), 17. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v5n1.p17-21

Ghufron, M.N. dan Risnawita, R. (2017), Teori-teori Psikologi. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.

Hallen, (2002). Bimbingan dan Konseling, Jakarta : Ciputat Pers.

Harahap, W.D, (2021). "Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan." Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI) 3.(2)

Kartadinata, I., & Sia, T. (2008). “Aku mencintaimu besok: Prokrastinasi akademik dan manajemen waktu”. Jurnal Psikologi Indonesia Anima , 23 (2), 109-119.

Nafeesa, N. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 4(1), 53-67.

Prayitno & Erman, A. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno & Erman, A. (2008). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling Edisi Revisi, (cetakan II). Jakarta: Rineka Cipta.

Ramadhan, R.P, dan Winata. H, (2016), "Prokrastinasi akademik menurunkan prestasi belajar siswa." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 1.(1), 154-159.

Risdiantoro, R., Iswinarti, I., & Hasanati, N. (2016). Hubungan Prokrastinasi Akademik, Stres Akademik dan Kepuasan Hidup Mahasiswa.

Rumiani, R. (2006). Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip , 3 (2), 128210.

Sofyan S. Willis. 2014. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sukardi, D. K, (1985). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Penyuluhan, (Jakata: Rineka Cipta.

Wulan, D.A.N, & Abdullah, S.M. (2014). Prokrastinasi akademik dalam penyelesaian skripsi. Jurnal SosioHumaniora, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v2i2.3264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.