PENANAMAN KESADARAN PENTINGNYA PENDIDIKAN DAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PUTUS SEKOLAH BAGI SANTRI PONPES RAUDHATUL JANNAH SUBULUSSALAM KAB. ACEH SINGKIL

Gemala Widiyarti, Lisa Anggraini, Nur H Sa’diyah Aritonang

Abstract


Pendidikan sangat penting bagi semua orang yang bertujuan untuk mencerdaskan dan mengembangkan potensi dalam diri. Dengan semakin bertumbuh dan berkembang setiap individu bisa memiliki kreativitas, pengetahuan yang lebih luas, kepribadian yang baik dan menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Pendidikan merupakan aspek yang penting dalam pembangunan bangsa. Karakter suatu bangsa dibangun melalui pendidikan. Melalui pendidikan yang bermutu, suatu bangsa menyongsong masa depan yang lebih baik. Pendidikan ini pula yang menjadi penentu masa depan anak-anak bangsa. Bukan itu saja pendidikan mempunyai peran yang penting dalam pembangunan negara Indonesia kedepannya. Bangsa indonesia menyadari makna penting pendidikan dalam membangun sumber daya manusia yang handal. Tujuan dari suatu proses pembelajaran adalah untuk meningkatkan dan mencapai suatu peningkatan hasil belajar. Pelaksanaan pendidikan adalah menjadi tanggung jawab kita bersama, antara keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dalam hal ini, masyarakat yang merupakan salah satu lembaga pendidikan mempunyai peranan yang cukup besar terhadap Pendidikan.

 


Keywords


Pendidikan, Motivasi Belajar, Pencegahan Putus Sekolah

Full Text:

PDF

References


Aan Komariah, Djam’an Satori, 2011, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta.

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan Jakarta:PT Rineka Cipta, 2001.

Abdul Kadir, Dkk, Dasar-Dasar Pendidikan, Jakarta:Prenadamedia group, 2015.

Jeynes, William H. (2011). Parental involvement and academic success. New York: Routledge.

Martinez-Gonzalez, R., Symeou, L., Alvarez-Blanco, L., Roussounidou, E., Iglesias-Muniz, J., & Cao-Fernandez, M. (2008). Family involvement in the education of potential drop-out children: A comparative study between spain and cyprus. Educational Psychology, 28(5), 505-520. Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jawa Tengah, Tahun 2020. Semarang: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.

Bagong Suyanto, Masalah Sosial Siswa, Jakarta: Kencana, (2010).

Made Pidarta, Lintasan Kependidikan, PT. Rineka Cipta: Jakarta, 2007.

McNeal Jr, R. B. (2014). Parent involvement, academic achievement and the role Of student attitudes and behaviors as mediators. Universal Journal of Educational Research, 2(8), 564-576.

Rahmat Kriyatono, “Pengantar” dalam Burhan Bungin, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Edisi Pertama (Cet. V; Jakarta: Kencana, 2009)

Syaiful Bhari Djamarah, Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2004.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. Nana Syaodih, 2011, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v2i2.3263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.