PEMBINAAN MOTIVASI BELAJAR PASCA MASA PANDEMI COVID-19 PADA ANAK-ANAK DI DESA BATUMBULAN ASLI

Muhammad Syah Bagus, Diky Ananta Sembiring

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membina motivasi belajar anak-anak yang berada di Desa Batumbulan Asli pasca COVID-19. Penelitian dilakukan oleh tim pengabdian kepada masyarakat mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan prodi Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dan dengan menggunakan tiga tahapan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu, 1)Persiapan, 2) Pelaksanaan, 3) Monitoring. Hasil dari kegiatan pembinaan terhadap motivasi belajar anak di Batumbulan Asli terlihat, anak-anak sangat bersemangat mengikuti seluruh kegiatan. Dikareanakan dua tahun sebelumnya mereka tidak melakukan kegiatan disebabkan pandemi COVID-19 maka pada kali ini mereka sangat-sangat bersemngat untuk mengikuti kegiatan yang diadakan pemerintah desa dan tim pengabdian kepada masyarakat. Berdasarkan pembahasan, dapat diartikan bahwa pembinaan motivasi belajar sangat penting dilakukan pada anak-anak pasca masa pandemi COVID-19. Situasi pandemi yang tidak pasti dan perubahan dalam sistem pembelajaran dapat mempengaruhi motivasi belajar anak-anak. Pembinaan motivasi belajar yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan individu masing-masing anak dapat membantu meningkatkan minat dan semangat belajar mereka. Faktor-faktor seperti lingkungan belajar yang kondusif, dukungan sosial, dan penggunaan teknologi untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh juga penting untuk dipertimbangkan. membantu orang tua atau wali dalam dan memotivasi mendukung anak-anak mereka juga sangat penting. Dengan melakukan pembinaan motivasi belajar yang efektif.


Keywords


Pembinaan, Motivasi, Belajar, Anak.

Full Text:

PDF

References


Hasbi, Hariandy, et al. (2020). "Pembinaan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode ARCS." E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 2020, pp. 254-259, doi:10.26877/e-dimas.v11i3.5653.

Lau, W.W.F., & Lee, L. (2020). Effects of gamification on student motivation and learning outcomes: A meta-analysis. Educational Research Review, 30, 1-13.

Manzilatusifa, U. (2007). “Pemberian Motivasi Guru Dalam Pembelajaran”. EDUCARE, 5(1). Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/59.

Nurjani. (2022). "Pembinaan Kegiatan Pramuka Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Sisiwa Sekolah Dasar." JCES: Journal of Character Education Society, 5(3), 2020, P-ISSN 2715-3665 https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.9387.

Rudnitskiy, A., Oganian, Y., & Kornilova, T. (2018). Project-based learning as a way to enhance students' motivation in mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 453-465.

Schunk, D. H. (2016). Goal setting and self-regulation in education: A social cognitive perspective. In Handbook of motivation at school (pp. 67-87). Routledge.

Shin, H., & Ryan, A. M. (2020). Parental support and student academic motivation: A meta-analysis. Educational Psychology Review, 32(3), 579-607.

Zhang, J., & Guthrie, J. T. (2020). Self-efficacy for reading and academic achievement in middle school: A longitudinal investigation. Journal of Educational Psychology, 112(5), 950-967.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v2i1.2462

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.