PENGENALAN MATEMATIKA REALISTIK BAGI ANAK KELAS VIII DI MTSN 2 MEDAN

M. Arif Hidayat, Sofia Rahmi

Abstract


MTSN 2 Medan merupakan salah satu madrasah unggulan di kota Medan. MTSN 2 Kelas VIII merupakan tempat kegiatan masyarakat. Siswa yang belajar di sekolah ini masih cenderung menghafal konsep/prinsip yang harus dipelajarinya. Sebagian besar siswa hanya belajar matematika sampai sekolah menengah, sehingga menyelesaikan masalah matematika sangat sulit. Siswa juga tidak tertarik dengan fenomena matematika di sekitarnya. Di Kelas VIII MTSN 2 sendiri, salah satu kesulitan dalam pembelajaran matematika adalah lemahnya kemampuan siswa dalam menerapkan materi matematika dalam kehidupan nyata. Guru tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencari ide-ide yang biasanya melayang di kepala mereka. Siswa hanya fokus pada satu sumber dan tidak mencari jawaban dari masalah, biasanya mereka memiliki kepercayaan diri yang rendah terhadap masalah yang diberikan. Beberapa kriteria dalam pengembangan pembelajaran matematika bertujuan untuk membuat matematisasi pengalaman sehari-hari. Alternatif yang baik untuk belajar matematika adalah belajar matematika realistis. Matematika realistik adalah matematika sekolah yang dilaksanakan dengan mengambil realita dan pengalaman siswa sebagai titik tolak pembelajaran.  


Keywords


MTSN 2 Medan, Pengabdian, Matematika, Matematika Realistik

Full Text:

PDF

References


Astuti, L. S., Andari, F.R. (2021). Implementasi Aplikasi Matematika Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SMP Muhammadiyah 2 Tangerang. Pengabdian Kepada Mayarakat. 4(2): 172-178.

Dickinson,P., and Hough, S. (2012). Using Realistic Mathematics Education In UK Classroom.

Desiani, A., Nugrohoputri, R.F., Zayanti, D.A., Amran, A., Syafitri, H.N., Sayira, I.Y. (2022). Peningkatan Matematika Realistik Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Geometri Matematika Siswa SD Negeri 04 Indralaya Selatan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(2): 149-158.

Mulbar, U., Minggi, I., Zaki, A. (2021). Meningkatkan Kompetensi Guru dengan Pelatihan Pembelajaran Matematika Realistik Terintegrasi Budaya dan Kearifan Lokal. Semianr Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat. 2(3): 57-61.

Soeseno, Z.E., Arsita, F., Amri, A.A.U., Merliza, P., Wulantina, E., Loviana, S. (2020). Pengenalan Matematika Realistik Kepada Masyarakat Belajar di Kelurahan Iringmulyo. Pelita Cendana. 3(1): 50-61.

Sholahudin, U. 2017. Pelatihan Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) di SDN 03 Desa Cimaung, Kecamtan Cikeas Kabupaten Serang. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 1(1): 44-47.

Soviawati. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Edisi Khusus. 2(2): 79-85.

Wahyuni, R., Efuansyah. Pelatihan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Bagi Guru Kelas Sekolah Dasar di Kota Lubuklinggau. Jurnal PKM Linggau. 1(1): 32-42.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v2i1.2461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.