PENDAMPINGAN PROGRAM PONDOK PESANTREN DALAM PENGUATAN SENI MEMBACA AL-QUR’AN

Ilham Ilham, Kaharuddin Kaharuddin

Abstract


Seni membaca al-Qur’an merupakan salah satu komponen dalam cara membaca al-Qur’an. Melalui seni membaca al-Qur’an akan lahir generasi Islam yang mahir membaca al-Qur’an dengan syahdu (penghayatan) penuh dzauq (menyentuh hati) sehingga menambah keimanan dalam kehidupan. Seni membaca al-Qur’an menjadi program unggulan pada pondok pesantren Al-Husainy Kota Bima untuk memperkenalkan sekaligus melatih santri membaca sambil menghayati makna kandungan al-Qur’an. Target utama dari program pengabdian masyarakat ini adalah untuk membantu guru dan santri di pondok pesantren Al-Husainy Kota Bima untuk meningkatkan penguatan memahami Nagham maqamat (seni irama membaca Al-Qur’an) berdasarkan nada dan irama yang masyhur digunakan oleh para qurra’. Metode yang digunakan adalah melalui tiga tahapan utama, yaitu; pemaparan materi, pelatihan, dan penampilan santri. Hasil pengabdian menunjukan para santri sangat antusias mengingat selama ini belum ada focus program pembinaan pengabdian. Melalui program pengabdian ustadz Pembina seni membaca al-Qur’an yang terlibat dalam program ini menghasilkan metode nagham baru yang mudah, ringan menarik, dan menyenangkan serta mudah dipelajari.

 


Keywords


Pendampingan, santri, seni membaca al-Qur’an, pondok pesantren al-Husainy

Full Text:

PDF

References


al-Asqalany, Al-Imam al-Hafidz Ahmad bin Ali bin Hajar, Fathul Bari Bi Syarhi Shahih al-Bukhari, Juz 7, Bab Manaqib Abdullah bin Mas’ud (Darul Hadits), tt

Al-Mubarakfur, Syafiyyurrahman, Ar-Rohiqul Makhtum, Bahtsun fi As-Sirah An-Nabawiyyah ala Shahibina AidhalishSalati wa salam, Terj. Kathur Suhardi, Sirah Nabawiyah, (Jakarta, Pustaka Al-Kautsar, 1997).

An-Nuri, Ahmad, Panduan Tahsin Tilawah Alquran dan Ilmu Tajwid, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2017).

A. Syarmudin, Panduan Kurikulum dan pengajaran TK/TPA. (Palembang: LPPTKA BKPRMI, 2006)

Departemen Agama Republik Indonesian Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam. Kurikulum 2004 dan standar Kompetensi MTs, (Jakarta: 2004)

Mukti, Abdul, Manhalul Irfan fi Tajwidi Al-Qur’an wa Adabi Tilawati Al-Qur’an, (Bandung, Sinar Baru, 1987)

Nasr, Athiyah Qabil, Ghayatul Murid fi ‘Ilmi at-Tajwid, (Damaskus, maktabah Darul Bayan, 1412 H/1992).

Ramayulis, Sejarah Pendidikan Islam: Napaktilas Perubahan Konsep, Filsafat dan Metodologi penddikan Islam dari Era Rasulullah SAW Sampai Ulama Nusantara, (Jakarta, Kalam Mulia, 2011).

Salim, Muhsin, Ilmu Nagham Al-Qur’an: Belajar Membaca Al-Qur’an dengan Lagu, (Jakarta, Kebayoran Widya Ripta, 2000).

Hisyam bin Mahrus Aly Al-Makky, Bimbingan Tahsin dan Tilawah Al-Qur’an, (Jakarta: Pustaka Ibnu Majjah, 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v2i1.2416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.