NILAI-NILAI PENDIDIKAN BERKARAKTER TOLERANSI DI DESA PEGAJAHAN KABUPATEN DELI SERDANG SUMATERA UTARA
Abstract
Nilai pendidikan berkarakter toleransi penting ditanamkan kepada peserta didik. Salah satu alasannya adalah karakteristik masyarakat Provinsi Sumatera Utara yang plural (beragam) mulai dari agama atau aliran kepercayaannya, suku dan adat istiadat, bahasa, keadaan sosial budaya, ekonomi, politik dan sebagainya. Penelitian ini dilakukan di Desa Pegajahan, Kab. Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Desa ini dibagi menjadi beberapa Dusun. Salah satu yang menarik dari desa ini adalah berdirinya Pura, yakni tempat beribadahnya Umat Hindu di tengah masyarakat yang mayoritasnya Muslim. Selain itu sukunya juga beragam. Di desa ini masyarakatnya ada yang bersuku Batak Simalungun, Batak Toba, Batak Karo, dan mayoritasnya bersuku Jawa. Dari keberagaman yang ada di Desa Pegajahan ini, maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai pendidikan berkarakter toleransi di desa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik deskriptif analisis dan pendekatan lapangan. Adapun nilai pendidikan berkarakter toleransi di Desa Pegajahan adalah: (1) Mampu hidup bersama dalam setiap perbedaan yang ada; (2) Membangun saling percaya antara satu sama lain dalam kehidupan bersosial; (3) Memelihara saling pengertian bahwa setiap ajaran agama memiliki perbedaan; (4) Menjunjung tinggi sikap saling menghargai.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan, Toleransi, Karakter
Full Text:
PDFReferences
Baroroh, Ali. (2008). Trik-Trik Analisis Statistik dengan SPSS15, (Jakarta: PT. Alex Media Komputido.
Devi, Dwi Ananta Devi. (2009). Toleransi Beragama. Semarang: Alviran.
Hartana, I Made Redi Hartana, (2017). Analisis Konflik dan Solusi Pemolisisan dalam Konflik Antar Agama di Tanjung Balai Sumatera Utara Tahun 2016, Jurnal: Ilmu Kepolisian.
Japar, Muhammad, dkk. (2020). Pendidikan Toleransi Berbasis Kearifan Lokal. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Misrawi, Zuhairi. (2007). Alquran Kitab Toleransi. Jakarta: Grafindo.
Moeis, Isnarmi. (2014). Pendidikan Multikultural Transformatif Integritas Moral, Dialogis, dan Adil. Padang: UNP Press.
Musbikin, Imam. (2021). Pendidikan Karakter Toleransi. Bandung: Nusa Media.
Nasional, Departemen Pendidikan. (2008). Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Nugraheni, Benedicta Rabi. (2020). Kembangkan Toleransi Melalui Permainan Tradisional, Yogyakarta: CV. Resitasi Pustaka.
Nurasmawi dan Ristiliana. (2021). Pendidikan Multikultural. Pekanbaru: CV. Asa Riau.
Ramdhan, Muhammad. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Sari, Riska Kurnia. (2022). Merawat Sikap Toleransi Beragama di Tengah Masyaralat Majemuk. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Simangunsong, Lister Eva Simangunsong. (2020). Sumatera Utara dalam Periodisasi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Simarmata, Henry Thomas, dkk. (2017). Menghargai Perbedaan Pendidikan Toleransi Untuk anak. Jakarta: Friedrich Ebert Stiftung.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugarda, Yanti B. (2022). Multikulturalisme dan Toleransi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v2i1.2404
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING
Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.