PENGARUH WORKSHOP PARENTING TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK DI DESA LALANG TANJUNG PURA

Ali Daud Hasibuan, Ade Irma Yukyta Ilham, Aigia Dwi Mayasari, Afifatul Faujiah Harahap, Aismat Ihsan Lubis, Aditya Nugraha

Abstract


Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari Parenting terhadap hasil belajar anak di Desa Lalang Tanjung Pura. Dimana jenis dari penelitian yang dilakukan ini adalah penelitian kualitatif dengan pendeketan dekriptif. Dimana dalam pelenitian ini menggunakan metode observasi dan juga wawancara. Lokasi yang menjadi tempat penelitian ini dilakukan di Desa Lalang, Tanjung Pura. Penelitian ini menunjukan bahwa pentingnya WorkShop Parenting terhadaap hasil dari belajar anak yang terkadang baik dan terkadang buruk. Perhatian orang tua juga sangat penting dalam hasil belajar anak dimana anak perlu bimbingan yang lebih lagi dari orang tua agar hasil belajar anak semakin baik. Banyak dari orang tua di Desa Lalang cendrung bersifat permisif dan juga ada yang tidak perduli dengan hasil belajar dari anak tersebut. Berikutnya dapat disimpulkan bahwa parenting yang dilakukan secara konsisten dapat memberikan efek yang baik untuk hasil belajar pada anak di Desa Lalang, saran yang disampaikan dalam penelitian ini ialah orang tua dsan juga anak harus saling bersemangat dalam mencapai hasil belajar yang baik serta orang tua hendaknya memberikan perhatian yang lebih untuk hasil belajar anak, dan juga dukungan yang menjadikan anak dapat mengembangkan hasil belajar yang dimilikinya dengan maksimal.

Kata kunci: Bimbingan orangtua, dukungan, perhatian

Full Text:

PDF

References


A’la, R. (2016). Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar. Jurnal Madaniyah, 2(XI), 249–268.

Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (1991). Psikologi belajar.

Endriani, A. (2016). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 PRAYA TIMUR LOMBOK TENGAH Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Realita, 1(2), 104–116.

Mawarsih, S. E., Susilaningsih, & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Sebelas Maret, 1(3), 1–13.

Qomariyah, S. N. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Menjahit pada Siswa SMPN 2 Mojogedeng Kabupaten Karangayar. Jurnal KELUARGA, 1(1), 55–61. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/keluarga/article/view/566

Saputri, D. I., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2019). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(3), 369. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19285

Suryadi, R. A. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Depppublish. https://books.google.co.id/books?id=OC5aDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false

Widhiasih, I., Abbas, N., & Sumilah. (2017). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Kreatif, 189–199.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v1i2.2250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.