TEKNIK BELAJAR MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

Muhammad Arif Hidayat, Sofia Rahmi

Abstract


Pelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang kurang diminati. Karena pelajaran ini sering dianggap sulit dalam menyelesaikan pelajaran tersebut membutuhkan rumus dan penyelesaian yang panjang. Beberapa ,etode dikembangkan untuk meingkatkan rasa senang dalam belajar matematika terutama bagi siswa sekolah menengah atas (SMA) diantaranya metode kumon, gasing, jarimatika,sempoa, mathmatic dan beberapa metode lainnya. Beberapa metode tersebut mampi meningkatkan minat siswa dalam belajar matematika. Selain itu ada juga metode gaming edukatif yang mampu mengajak siswa menyelesaikan soal matematika dengan cara bermain game. Siswa yang senang belajar matematika akan melatih untuk meningkatkan kemampuannya dalam berpikir kritis, logis dan rasional.

Full Text:

PDF

References


Asnawi. (2021). Metode Belajar Matematika yang Menyenangkan. InfoASN.id. https://pendidikan.infoasn.id/metode-belajar-matematika-yang-menyenangkan/.

Getty. (2022). Manfaat Belajar Matematika Bisa Latih Kesabaran. detikedu. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5897163/5-manfaat-belajar-matematika-bisa-latih-kesabaran.

Hartono. (2021). Metode Kreatif Mengajar Matematika yang Menarik dan Menyenangkan. ACER for Education.

Kurniawan. (2019). Penggunaan Strategi Matematika Dapat Membantu Memotivasi Siswa Untuk Menyenagi Pelajaran Matematika. Superprof. https://www.superprof.co.id/blog/memotivasi-pelajar-matematika/.

Nurhidayah, D.A. (2013). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA Pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan. Hal. 1-12.

Prabandari, A.I. (2020). Tujuan Pembelajaran Matematika, Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. merdeka.com. https://www.merdeka.com/jateng/6-tujuan-pembelajaran-matematika-meningkatkan-kemampuan-memecahkan-masalah-kln.html.

Yusuf, C. (2022). Manfaat Belajar Matematika Bagi Kehidupan. Edumaster. https://edumasterprivat.com/manfaat-belajar-matematika-bagi-kehidupan/.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/pema.v1i1.1464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

 

 

Creative Commons License


Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/pematarbiyah/about/submissions#copyrightNotice.