IMPLEMENTASI STRATEGI METODE DEBAT DI MADRASAH TSANAWIYAH ZIA SALSABILA MEDAN TEMBUNG

Anju Yurika Pasaribu, Muhammad Nazaruddin Harahap, Rizki Amaliyah Putri, Arlina Arlina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode strategi debat dalam konteks Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mengidentifikasi berbagai klasifikasi serta urgensinya. Metode yang digunakan adalah metode studi lapangan dengan mengumpulkan beberapa sumber observasi berupa wawancara dan dokumentasi yang otoritatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi dan teori pembelajaran aktif.. metode debat Debat merupakan proses komunikasi lisan yang melibatkan pertukaran pendapat dengan tujuan mempertahankan argumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode debat memiliki peran penting dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). metode debat didefinisikan sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mendukung proses belajar, dengan fungsi utama menyediakan informasi dan pengetahuan yang diperlukan untuk pengembangan kompetensi siswa. Penelitian ini juga mengklasifikasikan metode debat menjadi dua teori utama yaitu teori komunikasi dan teori pembelajaran aktif dan metode debat yang dimanfaatkan dari lingkungan pendidikan atau masyarakat sekitar. Temuan ini menegaskan pentingnya penerapan metode strategi debat yang berbagai jenis untuk melahirkan pengalaman belajar yang lebih ampuh serta berguna untuk siswa dalam memahami ajaran agama Islam

Full Text:

PDF

References


Arlina, dkk, 2024. Implementasi Strategi Pembelajaan Debat dalam Pembelajaran Fiqih di SMA Al-Hidayah Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai. 8 (1), 3559-3567, h. 3562

Arikunto, Suharsimi (2020). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aris Shoimin, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2014) hlm. 25

Ardiansyah, Risnita dan M.Syahran Jailani. 2023. Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal Pendidikan. Jambi. Vol 1 No. 2

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter: Bogor: Ghalia Indonesia. h. 108.

Ismail. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Rasail Media Group, Semarang 2008. hal.81

Jaenal, Muhammad. 2024. Ice Breaking dalam Pembelajaran: Membangun Suasana Belajar yang Menyenangkan. https://smkn02wajo.sch.id/read/123/ice-breaking-dalam-pembelajaran-membangun-suasana-belajar-yang%20menyenangkan#:~:text=Manfaat%20Ice%20Breaking%20dalam%20Pembelajaran,fokus%20setelah%20mengalami%20penurunan%20konsentrasi.

Melvin L. Siliberman, 2016. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nuansa. h. 14.

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Metode “Debate” pada Siswa Kelas VI SDN 1 Gondangmanis Semester 1/2012-2013

Roestiyah, 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, h. 148.

Suherwin, Muhmmad Zein Iqbal, Herly Dayanti, (2020). Pembelajarn Debat. Indonesia : Guepedia. h.9-12.

Silberman, Mel. 2014. Handbook of Experiental Learning Experiental Learning: Strategi Pembelajaran dari Dunia Nyata. Bandung: Nusa Media

Sudjana, Nana, (2010). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif. Bandung

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media h. 148.

Surya (2015). Model-Model Pembelajaran inovatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Hendri Guntur. Retorika. Bandung: Angkasa, 1990 : 120

Tarigan, H.G. 1986. Berbicara sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa. h. 82.

Melvin L. Siliberman, 2016. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung : Nuansa. h. 14.

Warti, Eli. (2019). Pembelajaran HOTS (Hinger Order Thinking Skills )Melalui Penerapan Berbagai Metode Pembelajaran. Malang : Tim MNC Publishing. h. 58.

Yuliati. Penerapan Metode Debat Dalam Pembelajaran PPKN. Social: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial. 2021.

Wijayanto,P.A, Utaya,S,. & Amiruddin, A. (2017). Efektivitas Metode Debat Aktif dan Strategi Penerapannya dalam mengoptimalkan pembelajaran geografi. Jurnal Pendidikan dan kebudayaan. 2 (1), 99-116.

Wahyu Ari Anto Harahap. 2024. Implementasi Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Vol. 2. No. 2

Zinuddin et aI., : Metode Debat untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. PiJIES: Pedagogik Journal of Islamic Elementary School. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371