MEDIA PEMBELAJARAN IPS

Sri Al Fatia, Muhammad Solihin, Mawaddatun Nikmah Harahap, Fadilatul Husna, Ayu Lestari, Irlanawati Irlanawati

Abstract


Media pembelajaran adalah suatu media yang digunakan untuk menyampaikan data dan informasi dari pendidik kepada peserta didik dalam siklus kerjasama yang terjadi selama pengalaman pendidikan ujian sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memeriksa media pembelajaran investigasi sosial. Strategi eksplorasi ini memanfaatkan informasi penting dan tambahan subjektif yang memukau. Prosedur pengumpulan informasi telah dilakukan dengan menggunakan teknik persepsi dan studi dokumentasi. Hasil eksplorasi menunjukkan bahwa media pembelajaran IPS diantaranya media buku dan materi cetak, contoh dalam kegiatan pembelajaran yaitu guru menjelaskan materi tentang sosiologi berdasarkan teori yang terdapat dibuku cetak ilmu pengetahuan sosial yang tersedia. Media audiovisual, contohnya ketika guru menceritakan proklamasi Indonesia bisa terjadi, guru tersebut menggunakan media infokus dan proyektor untuk menampilkan detik-detik proklamasi dan guru tersebut menyuruh siswanya untuk mereview film tersebut. Media gambar, contohnya guru menjelaskan peta Indonesia yaitu dengan menunjukkan gambar peta pulau-pulau yang ada di Indonesia seperti Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Pulau Papua dan pulau lainnya. Media interaktif, contohnya guru menjelaskan materi di depan dan siswa mendengarkan dengan seksama dan menanggapi penjelasan guru tersebut. Media grafis, contohnya guru memerikan tugas kepada siswa untuk membuat grafik pertumbuhan dan pengangguran berdasarkan data yang tertera. Media multimedia, contohnya guru menyuruh siswa untuk mencari referensi lainnya melalui internet.


Full Text:

PDF

References


Bashith, F. N. (2023). Metode Pembelajaran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial , Vol 2, No. 1.

Fathimatus Zahra, d. M. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH) , Volume 5, Nomor 2, Desember.

Irfan, I. W. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran IPS Berasis Pendekatan Saintifik Dalam Mengintegrasikan Karakter Bangsa di SMPN Kecamatan Sape. Penerapan Metode Pembelajaran IPS Berbasis, Jurnal Pendidikan Sosiologi , Volume 2, Nomor 2, Desember.

Ningtiasih, S. W. (2022). Metode Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Hybrid, Bojonegoro , 23 Juni.

Noviansah, M. d. (2020). Metode Pengajaran IPS MI Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. El-Midad : Jurnal PGMI , Vol. 12 No.1 Juni p. 39 - 53.

Nurhaliza, E. T. (2021). Analisis Metode Ceramah Dalam Pembelajaran IPS Terpadu di Kelas VII SMP Negeri 1 Selimbau Kabupaten Kapuas Hulu. Historica Didaktika: Jurnal Pendidikan Sejarah, Budaya Sosial , Vol.1 No. 2 Desember.

Padmi, N. N. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) Dengan Media Gambar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru , Vol. 3, No. 1 April.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alphabet.

Teofilus Ardian Hopeman, N. H. (2022). Hakikat, Tujuan dan Karakteristik Pembelajaran IPS yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan , Volume 1, Nomor 3, Juli.

Winanti, W. A. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Edisi 2 Tahun ke-8.

Zaifullah, H. C. (2021). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Interaksi dan Minat Belajar Terhadap Keberhasilan Peserta Didik Dalam Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Masa Pandemi Covid-19. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajar , Vol. 4, No. 2, November 2021, hal. 9-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371