PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TEHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP NASIONALISME PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V UPT SPF SDN 106796 BULU CINA

Triska Fadillah, Syarifah Ainun, Leni Malinda

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran value clarification technique (VCT) terhadap sikap nasionalisme siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di UPT SPF SDN 106796 Bulu Cina Tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Non- equivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah 38 siswa yang terdiri dari 19 siswa untuk kelompok eksperimen dan 19 siswa untuk kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data berupa lembar observasi siswa dan angket yang terdiri dari 21 item pernyataan. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji t menunjukkan thitung 2,209 dan ttabel 1,688 (2,209 ≥ 1,688) atau nilai sig (2-tailed) lebih besar dari 0,05 (0,034 < 0,05) dengan resiko kesalahan 5%, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa “Rata-rata sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang menggunakan model VCT lebih tinggi dari rata-rata sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang menggunakan pendekatan konvensional”. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran value clarifacition technique (VCT) berpengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa dalam pembelajaran IPS.


Full Text:

PDF

References


Adisusilo, J.R, Sutarjo. Pembelajaran Nilai Karakter Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran afektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.

Purwana, Agung Eko dkk. Pembelajaran IPS MI. LAPIS: PGMI, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta. cet. V, 2008.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana, Cet.Ke-1, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING

 

 

Creative Commons License

 

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371