BUDAYA DAN PERKEMBANGAN KOTA MEDAN DALAM PERSPEKTIF SEJARAH

Dilla Sylvia, Hotmarina Sari Harahap, Hotmarina Sari Harahap

Abstract


Melihat Budaya dan Perkembangan Kota Medan dari Perspektif Sejarah Dalam perkembangan Kota Medan, budaya juga merupakan faktor penting yang mempengaruhi perkembangan kota. Kota Medan adalah rumah bagi beragam budaya seperti seni tari, musik, dan kuliner. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkuat identitas kota Medan dengan cara mengenali dan melindungi budaya Melayu deli di kota Medan Sumatera Utara, dan menganalisis karakteristik budaya Melayu Medan deli dan budaya Melayu lainnya. Pada masa Kesultanan dan munculnya perkebunan hingga era Republik Indonesia Serikat (RIS), kota Medan menjadi ibu kota negara Sumatera Timur.


Full Text:

PDF

References


Aceh, D. (2020). Pesan-pesan dakwah dalam adat melengkan pada upacara pernikahan suku gayo.

Laudra, D. C., Pauziah, F., & Siburian, N. U. (2021). Mengenal dan Melestarikan Budaya Melayu Deli di Kota Medan Sumatera Utara Recognice and Preserve Malay Culture in the City of Medan, North Sumatera. 1(1), 6–9.

Naijan, N. (2015). Jurnal Pendidikan Sejarah. Pendidikan Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4 nomor 1, 82–88.

Nizami Jamil, H. O., Zulkifli, Z.A, H., Nasir, M., N. P., & Roza, E. (2008). Adat perkawinan Melayu Riau.

P. E., Widya, A. T., Soleh, M. A., & Satria, W. D. (2022). Available online through http://ejournal.undip.ac.id/index.php/modul Transformasi Fisik dan Budaya Kawasan Pulo Brayan,. 2877(1998), 1–12.

Perret, D. (2010). Kolonialisme dan Etnisitas: Batak dan Melayu di Sumatra Timur Laut.

Sanusi, I. (2017). Globalisai Melayu: Peluang dan Tantangan Membangun Identitas Melayu dalam Konteks Modernitas. 01(1), 39–57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 ------------------------------------------------------------

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371