PERKEMBANGAN SOSIAL MASYARAKAT PADA MASA PENJAJAHAN

Musliati Musliati, Cyndy Aulia, Erwinsyah Erwinsyah

Abstract


Perkembangan sosial masyarakat pada masa penjajahan di berbagai negara dapat berbeda-beda tergantung pada konteks historis, politik, dan sosial masing-masing negara. Namun secara umum, penjajahan dapat berdampak negatif pada perkembangan sosial masyarakat di bawahnya. Di Indonesia, misalnya, penjajahan Belanda selama hampir tiga abad telah mengakibatkan berbagai perubahan sosial dalam masyarakat Indonesia. Selama masa penjajahan, Belanda telah memperkenalkan sistem kasta yang memisahkan masyarakat Indonesia ke dalam beberapa kelompok berdasarkan ras, agama, dan status sosial. Sistem kasta ini telah menciptakan kesenjangan sosial yang besar antara orang Indonesia pribumi dan orang Belanda atau keturunan Belanda. Sebelum Belanda menguasai Indonesia, telah terjadi penjelajahan samudera dalam konteks imperialisme dan kolonialisme kuno ke nusantara.

Portugis dan Spanyol adalah dua negara yang menjadi pelopor dan sangat antusias dalam penjelahan samudera. Sehingga untuk mencegah agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat antara kedua negara, atas prakarsa Paus Alexander VI, penguasa Agama Katolik di Vatikan, merasa perlu mengatur penjelajahan samudera pada dua negara yang mayoritas penduduknya beragama Katolik.


Full Text:

PDF

References


Amin, M. (2019). Pendidikan Islam Masa Penjajahan Belanda Dan Jepang. Jurnal Pilar, 10(2), 1–11.

Arifin, F. (2020). Pembelajaran Sejarah pada Masa Kolonialisme Belanda. 9(2), 126– 153.

Gaastra, F. S. (2007). Organisasi VOC. Sejarah Nusantara ANRI, hlm 29.

Jayusman, I. (2019). Peranan Orang Cina Dalam Perdagangan Di Jawa Pada Zaman VOC Abad XVII. Bihari: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Ilmu Sejarah, 02(02), 1– 10

Kertiasih, N. N. (2019). Bahasa Indonesia Dan Perjuangan Bangsa. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 3(1), 75. https://doi.org/10.22225/kulturistik.3.1.952

Modul Pendidikan Guru. (n.d.). Kehidupan Bangsa Indonesia pada masaKolonial, Pergerakan Nasional, Penjajahan Jepang hingga Kemerdekaan. 99–140.

Rohman, M. (2018). Kebijakan Pendidikan Islam Masa Penjajahan Jepang. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 02(Kebijakan Pendidikan Islam), 15–33

Supratman. (2015). Arsitektur Eropa di Indonesia. Jurnal Arsitektur, 1–12.

Syafrizal, A. (2015). Islamuna: Jurnal Studi Islam. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 235–253.

Syafrizal, A. (2015). Islamuna: Jurnal Studi Islam. Islamuna: Jurnal Studi Islam, 2(2), 235–253.

Syukur, A. (2017). Historiografi Belandasentris. Jurnal Sejarah Lontar, 7(2), 41. https://doi.org/10.21009/lontar.072.04.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 ------------------------------------------------------------

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371