STUDI MASYARAKAT SOSIAL DALAM PERSFEKTIF KELOMPOK SOSIAL DAN STRATIFIKASI SOSIAL

Basiah Basiah, Dea Anisa Br. Tarigan, Monalia Dayanti

Abstract


Kelompok atau group adalah kumpulan dari individu yang berinteraksi satu sama lain, pada umumnya hanya untuk melakukan pekerjaan, untuk meningkatkan hubungan antar individu, atau bisa saja untuk keduanya. Sebuah kelompok suatu waktu dibedakan secara kolektif, sekumpulan orang yang memiliki kebersamaan dalam aktifitas umum namun dengan arah interaksi terkecil. Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi.  Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat mempengaruhi perilaku para anggotanya. Kelompok sosial merupakan hal yang sudah lazim dikenal di masyarakat baik zaman dahulu maupun sekarang. Akibatnya hal seperti ini menimbulkan konflik di masyarakat disebabkan perpedaan dalam memaknai kelompok sosial itu sendiri, padahal dalam ajaran Islam adanya perbedaan jenis kelamin, perbedaan warna kulit, ras, suku, bangsa dan adat istiadat merupakan sebuah keunikan tersendiri sehingga di mata Tuhan manusia yang mulia adalah manusia yang memiliki kepribadian takwa yang saleh dan salehah serta bermuamalah yang baik dengan sesama.Secara sosiologis pengertian kelompok sosial adalah suatu kumpulan orang-orang yang mempunyai hubungan dan saling berinteraksi satu sama lain dan dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama.


Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2015). Stratifikasi Sosial Dan Kesadaran Kelas. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 2(1), 34–37.

Ansori. (2015). Kelompok Sosial. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 49–58. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032-

RAHAYU_GININTASASI/KELOMPOK_SOSIAL.pdf

Ginintasasi, R. (2012). Kelompok Sosial dan Perananya dalam Membentuk Masyarakat Terstruktur. 1–12.

http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032RAHAYU_GININTASASI/KELOMPOK_SOSIAL.pdf

Le, M. A. R., & Nurdin, M. (n.d.). Dampak Stratifikasi Sosial Di Lihat Dari Jumlah

Uang Jajan Mahasiswa MAR’IE MUHAMMAD NURDIN Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Kandioh, F. B., Lumolos, J., & Kaunang, M. (2016). Eksistensi Kelompok- Kelompok Sosial Dalam Melestarikan Nilai-Nilai Budaya Di Desa Kamangta Kecamatan Tombulu Kabupaten Minahasa. Jurnal Ilmu Sosial & Pengelolaan Sumberdaya Pembangunan Edisi, 1(21), 49–62.

Khotimah, F. N. (2019). Sosiologi: Kelompok Sosial. E-Modul, 56.

Maunah, B. (2015). Stratifikasi Sosial dan Perjuangan Kelas. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 19–38.

Moies, S. (2008). Struktur Sosial: Stratifikasi Sosial. Struktur Dan Proses Sosial, 2–20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 ------------------------------------------------------------

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371