PARADIGMA PEMBELAJARAN IPS DAN PERMASALAHANNYA

Amanda Ikhwana, Dinda Nabilla Syahputri, Khairunisa Hasibuan

Abstract


Sebuah program IPS membutuhkan Pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap, serta kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk mengambil keputusan. Pengajaran ilmu sosial di sekolah memerlukan pengetahuan dan pemahaman konsep dasar ilmu sosial dan humaniora, kepekaan dan kesadaran terhadap masalah sosial dan lingkungan, serta kemampuan memecahkan masalah sosial dengan baik agar peserta didik ilmu sosial berkembang menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab.


Full Text:

PDF

References


Effendi, D. R., & Ed, M. (n.d.) (2016). Perspektif dan Tujuan Pendidikan IPS. 1–41.

Farisi, M. I., & Artikel, I. (2016). Lembaran Ilmu Kependidikan. 45(September), 80–95.

Nurjanah, L., Handayani, S., & Gunawan, R. (2021). Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Dunia Pendidikan Basic Concepts of Social Science in Education. 3(2).

Sejarah, P. P., & Samudra, U. (n.d.). (Penerapan Paradigma sosialis pada IPS sebagai counter attack terhadap Kecenderungan Paradigma Materialisme) Mufti Riyani.

Susrianto Indra Putra, E. (2019). Model Pendekatan Reflective Inquiry Berbasis Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Pendidikan IPS. Edukasi, 7(2), 43–56.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 ------------------------------------------------------------

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371