MEMPERTAHANKAN JATI DIRI IDENTITAS NASIONAL DI ERA GLOBALISASI DAN DIGITALILASI

Susmayati Susmayati, Astrya Veranty, Lestari Urba Cahyani, Silpia Mahdalena Rambe, Sal Sabilah Jahra, Raydatul Safitri

Abstract


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur. Studi literatur dilakukan untuk memperkuat permasalahan yang dikaji dan menjadi dasar dalam memberikan pemahaman  mengenai identitas nasional sebagai salah satu determinan pembangunan dan karakter bangsa. Identitas nasional dalam kosteks bangsa cenderung mengecu pada kebudayaan, adat istiadat, serta karakter khas suatu negara. Sedangkan identitas nasional dalam konteks negara tercermin dalam simbol-simbol kenegaraan seperti: Pancasila, Bendera Merah Putih, Bahasa Nasional yaitu Bahasa Indonesia, Semboyan Negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika, Dasar Falsafah negara yaitu Pancasila, Konstitusi (Hukum Dasar) negara yaitu UUD 1945 serta Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat. Era digital juga telah membawa berbagai perubahan yang baik sebagai dampak positif yang bisa gunakan sebaik-baiknya. Namun dalam waktu yang bersamaan, era digital juga membawa banyak dampak  negatif, sehingga menjadi tantangan baru dalam kehidupan manusia di era digital ini. Dengan begitu, upaya ini pastinya dapat mempertahankan identitas dan integritas nasional. Dengan mengembangkan semangat nasionalisme dan patriotisme, tentunya akan tumbuh rasa cinta terhadap tanah air yang mana hal tersebut merupakan bentuk upaya mempertahankan identitas serta integritas nasional. Oleh karena itu sebagai penerus bangsa harus di lakukan cara-cara untuk mempertahankan kembali identitas nasional bangsa.

Kata Kunci: Jati Diri, Identitas Nasional, Era Globalisasi dan Digitalilasi

Full Text:

PDF

References


Az-Zahra julianty Annisa, dkk jurnal pendidikan, vol 6, no 1,(2022),5

Naibaho angelika, dkk jurnal multi disiplin Indonesia,vol 1, no 3, 2022,14

Nur arfiana Hilda, ulfatun najicha Fatma "jurnal pendidikan kewarganegaraan". Vol.9 No. 1(2022),7

Rahma Aulia Lulu, dkk, jurnal pendidikan, vol 5,no 3,2021,12

Syarifah Syifa, "global&polcy" vol 4, no 2, 2016,11


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 ------------------------------------------------------------

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371