UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE PROYEK DAN TUGAS

Faisal Napitupulu

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tukka Tahun Pelajaran 2021/2022 semester genap. Tujuan penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk mengetahui pengaruh supervisi edukatif terhadap kompetensi 29 orang guru mata pelajaran di SMA Negeri 2 Tukka dalam menggunakan model pembelajaan berbasis proyek dan tugas agar minat belajar siswa meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi edukatif kepala sekolah kepada 29 guru mampu meningkatkan kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dan tugas untuk menumbuhkan Minat Belajar. Temuan-temuan penulis dan pembahasannya selama melakukan penelitian: 1) Melalui kegiatan supervisi edukatif terhadap 29 orang guru mata pelajaran di SMA Negeri 2 Tukka memberikan hasil yang menggembirakan untuk peningkatan kompetensi guru menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan tugas mencapai: 96.21 yang sebelumnya kompetensi guru dalam menerapkan metode proyek dan tugas: 72.07%. 2) Aktivitas pembelajaran menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dan tugas, guru melibatkan peserta didik secara aktif, kerja sama dan saling berbagi pengetahuan yang akhirnya tercipta suasana belajar yang menyenangkan. Sehingga minat belajar peserta didik meningkat secara signifikan dibanding sebelumnya yaitu 76.72%. Dengan meningkatnya minat belajar peserta didik, hal ini menyebabkan hasil belajar ikut meningkat. 3) Temuan-temuan pada penelitian baik pada siklus pertama maupun siklus kedua menjawab hipotesis yang dirumuskan pada Bab II bahwa melalui supervisi edukatif mampu meningkatkan kompetensi guru menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan tugas untuk menumbuhkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran di SMA Negeri 2 Tukka T.P. 2021/2022 semester genap.

Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa supervisi edukatif kepala sekolah dapat digunakan salah satu alternif sebagai upaya meningkatkan kompetensi guru menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dan tugas untuk meningkatkan minat belajar siswa di SMA Negeri 2 Tukka.

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Minat Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek dan Tugas


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi.2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara

B. Suryosubroto,Drs. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto,dk. 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Irwantoro,Nur, dk. 2016. Kompetensi Pedagogik Untuk Peningkatan dan Penilaian Kinerja guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum Nasional. Sidoarjo: Genta Group Production.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No.20 Tahun 2016 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemedikbud.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No.21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemedikbud.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No.22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemedikbud.

Kemendikbud. 2016. Permendikbud No.23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemedikbud.

Mukhtar & Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Gaung

Soemono, Wasty, & Soetopo.1988. Hendiyat. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT Bina Aksara

Soetriono,Prof.Dr.Ir, dkk. 2007. Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Andi Ofset.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Zaenal Aqib,dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SMP SMA SMK. Jakarta: Yrama Widya

Zaenal Aqib,dkk. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) untuk Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Penerbit Andi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 ------------------------------------------------------------

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371