IMPLEMENTASI METODE PEMBERIAN TUGAS DAN RESITASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR GLOBALISASI DAN CINTA TANAH AIR BAGI SISWA

Pangoloi Gultom

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi  belajar siswa pada materi Tema 4 Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air. Pada umumnya  pembelajaran tematik di sekolah dasar  disampaikan oleh guru melalui pendekatan konvensional dimana pendekatan pembelajaran tersebut membuat siswa kurang aktif. Hal ini disebabkan antara lain: kelas dikuasai oleh guru, siswa pasif dan guru yang aktif. Untuk itu penulis menggunakan metode yang  dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam  memecahkan masalah terhadap materi pelajaran sehingga kompetensi belajar siswa  meningkat. Belajar  bukan suatu yang berdiri sendiri, melainkan bertalian dengan sejumlah perubahan-perubahan yang mempengaruhi pembinaan kurikulum. Perubahan-perubahan tersebut antara lain : perubahan dalam sifat dan pola ilmu pengetahuan manusia, perubahan dalam masyarakat dan taksiran   tentang tuntutan, perubahan-perubahan mengenai pengertian  tentang anak dan cara belajar dan perubahan dalam media komunikasi.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam empat  tahap  kegiatan yang meliputi kegiatan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Metode Pemberian Tugas dan Resitasi   menunjukkan  adanya peningkatan aktivitas  belajar yang berpengaruh terhadap kompetensi dan  hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh dari test memperoleh nilai rata-rata kelas  80.00  yang semula  61.46  dengan peningkatan ketuntasan belajar sebesar: 58.34 %. Berdasarkan temuan dan pembahasan hasil penelitian  penulis dapat menyimpulkan bahwa Metode Pemberian Tugas dan Resitasi tepat dan bermanfaat sebagai metode pembelajaran di kelas untuk  meningkatkan kompetensi  belajar  terutama pada tema 4 subtema 3 globalisasi dan cinta tanah air terutama di Kelas VI.A SD Negeri Nomor 085115 Sibolga.

Kata Kunci: Kompetensi  Belajar Siswa, Metode Pemberian Tugas dan Resitasi


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Bina Aksara

B. Suryosubroto, Drs. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.

Kemendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud RI.

Kemendikbud. 2018. Buku Pedoman Guru Tema 4 Globalisasi (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013) Untuk Kelas VI SD/MI. Jakarta : Kemendikbud RI.

Kemendikbud. 2018. Buku Siswa Tema 4 Globalisasi Untuk Kelas VI SD/MI. Jakarta : Kemendikbud RI.

Sani, Abdullah, Ridwan, dkk. 2013. Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Penelitian tindakan kelas. Bandung : Citapustaka Media Perintis.

Wijaya Kusumah, dkk. 2010. Mengenal Penelitian tindakan kelas Edisi Kedua PT Jakarta : PT. Indeks.

Zainal Aqib, dkk. 2009. Penelitian tindakan kelas (PTK), Bandung : Yrama Widya

Zainal Aqib, dkk. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 ------------------------------------------------------------

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371