PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA

Rizka Khairi, Sulaikha Sulaikha Marito, Nurul Fadhila Ibrahim

Abstract


Bangsa Indonesia yang kita ketahui pancasila dapat dinyatakan sebagai kausa materialis karena nilai-nilai essensial yang terkandung di dalam Pancasila ada lima yaitu: Ketuhananan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan keadilan sosial secara objektif pula itu sudah dimiliki oleh Bangsa Indonesia sejak zaman dahulu kala sebelum mendirikan negara. Nilai-nilai tersebut kemudian diangkat dan dirumuskan secara formal oleh para pendiri negara untuk dijadikan sebagai dasar filsafat negara Indonesia. karena pancasila merupakan suatu hal yang sangat penting, maka pemahaman Pancasila harus dilakukan secara utuh dan ada kaitannya dengan jati diri Bangsa Indonesia. Di sisi lain, menurut sejarah bangsa Indonesia pada saat itu sudah medirikan dua kerajaan yaitu kerajaan sriwijaya di sumatera selatan dan kerajaan majapahit di jawa timur. Dua kerajaan ini di bangun dalam dua zaman yang di mana Era tersebut memiliki arti penting dalam sejarah bangsa Indonesia karena memenuhi syarat berdirinya suatu bangsa yang bernegara. Dan sudah mengalami kehidupan masyarakat yang sejahtera serta memiliki wilayah yang meliputi seluruh nusantara.

Kata Kunci: Pancasila, causa materialis, dasar filsafat Negara Indonesia, nilai-nilai pancasila pada masa jayanya

Full Text:

PDF

References


Ardini, A. (2017). Proses Perumusan dan Pengesahan Pancasila Sebagai Dasar Negara Republik Indonesia. Masgun.Blog.Unnes.Ac.Id, 25. http://masgun.blog.unnes.ac.id/wp-content/uploads/sites/2821/2017/02/Anugrah- Mutiara-A.pdf

Hadiwijono, A. (2016). Pendidikan Pancasila, Eksistensinya Bagi Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Hukum, 7(1), 82–97. https://doi.org/10.26905/idjch.v7i1.1784

intan ahmad. (2016). untuk Perguruan Tinggi (I). https://www.academia.edu/45421505/Pendidikan_Pancasila_untuk_Perguruan_Tin ggi_Ristekdikti_2016_

Muhammad Rakhmat. (2015). PenPendidikan. (n.d.).didikan. In pendidikan pancasila dan kewarganegaraan.

PELLOKILA, J. (2021). Tinjauan Historis Perjalanan Pancasila (Sejak Penetapannya Sebagai Dasar Negara Hingga Reformasi). Widya Accarya, 12(1), 40–48. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1035.40-48

Purwanto, H. (2018). Pancasila Dalam Konteks Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia.

Jurnal Candi, 18(2), 124–137. https://jurnal.uns.ac.id/candi/article/download/42754/27539

Raharjo, U. J. ; D. ; D. S. ; (2007). Pendidikan Kewrganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. 1–135.

Sari, M. (2022). NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA , ISSN : 2715-470X ( Online ), 2477 – 6181 ( Cetak ) Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. December.

Surajiyo, A. W. (2006). Hubungan Proklamasi dengan Pancasila dan Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Lex Jurnalica, 3(3), 168–184.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 ------------------------------------------------------------

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371