SEJARAH ISTILAH DAN LAHIRNYA PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Nur Saadah, Evi Sukma Pratiwi, Nayla Rizka Irwani, Diana Siregar

Abstract


Kewarganegaraan adalah pengembangan pendidikan nilai, yaitu pendidikan yang mensosialisasikan dan menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dan budaya bangsa dalam setiap kurikulum Pancasila dan kewarganegaraan. Pendidikan nilai dan pendidikan kewarganegaraan tentunya sangat penting untuk mendidik generasi muda yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia di negeri ini. Sejarah pendidikan kewarganegaraan di dunia pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1790. Dalam artikel ini, metode pengumpulan data menggunakan metode studi analisis pustaka. Dengan sumber informasi berupa buku dan jurnal.

Berdasarkan analisis tersebut diharapkan pendidikan kewarganegaraan dapat membantu mahasiswa mengembangkan potensinya sebagai sarjana yang tidak hanya memiliki pengetahuan tetapi juga sikap, keterampilan dan kesadaran kewarganegaraan yang tinggi untuk menjadi warga negara yang peduli Partisipasi dan disiplin yang tinggi bertanggung jawab untuk kemajuan bangsa dan negara.

Kata Kunci: Sejarah lahirnya pendidikan, kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Darmadi, H. (2014). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi (2nd ed.). Alfabeta.

Hidayat, H., Mulyani, H., Nurhasanah, S. D., Khairunnisa, W., & Sholihah, Z. (2020). Peranan Teknologi Dan Media Pembelajaran Bagi Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

L, S. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Nilai Dan Pendidikan Hukum Dalam Mewujudkan Warga Negara Yang Cerdas Dan Baik (Smart and Good Citizen). Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum, & Pengajarannya, XIV(2), 112–120. https://ojs.unm.ac.id/supremasi/article/view/13143

Santoso, M. I. (2017). PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN HUKUM. Jurnal Kewarganegaraan, 1(1).

Wibowo, A. P., & Wahono, M. (2017). Pendidikan Kewarganegaraan: usaha konkret memperkuat multikulturalisme di Indonesia. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 196–205. https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.16043

Widiatmaka, P. (2022). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) DI DALAM MEMBANGUN KARAKTER BANGSA PESERTA DIDIK. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1–10.

Winataputra, U. S. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan dalam Perspektif Pendidikan Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa (Gagasan, Instrumenntasi, dan Praksis). Widya Aksara Press.

Wuryandari, W. dan F. (2012). Pembelajaran Pendiddikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Ombak.

Zulfikar, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 104–115. https://doi.org/10.31932/jpk.v6i1.1171


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 ------------------------------------------------------------

Jurnal Tarbiyah by UIN Sumatera Utara Medan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Based on a work at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/jurnaltips/about/submissions#copyrightNotice.


Sekretariat: Jl. William Iskandar Ps. V, Medan Estate, Kec. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara 20371