Problem Based Learning Dipadu Jigsaw Berbasis Lesson Study: Upaya Pemberdayaan Literasi Informasi Mahasiswa Biologi di Era Digital

Ummi Nur Afinni Dwi Jayanti

Abstract


Untuk dapat belajar secara efektif di lingkungan pendidikan tinggi, mahasiswa perlu melek informasi melalui cara yang sesuai dengan lingkungan akademik dan disiplin ilmu yang mereka pelajari, termasuk di bidang biologi. Walaupun demikian, kurikulum pendidikan tinggi di Indonesia belum secara sengaja mengintegrasikan pengembangan literasi informasi dalam pembelajaran dikelas dan kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran problem-based learning dipadu jigsaw yang diterapkan dalam perkuliahan Fisiologi Hewan dapat meningkatkan keterampilan literasi mahasiswa biologi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas berbasis Lesson Study. Empat puluh mahasiswa program studi biologi berpartisipasi dalam studi ini. Keterampilan literasi informasi mahasiswa diukur dengan tes literasi informasi yang mengacu pada Association of College and Research Libraries. Hasil penelitian menunjukkan intervensi yang dilakukan memfasilitasi penguasaan keterampilan mahasiswa untuk mengidentifikasi, mengevaluasi dan menggunakan informasi secara efektif untuk merumuskan solusi pemecahan masalah yang ada. Namun belum secara signifikan memfasilitasi penguasaan indikator mengakses informasi secara efektif dan efisien serta memahami isu ekonomi, hukum, dan sosial terkait penggunaan informasi. Temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu informasi bagi pendidik perguruan tinggi terkait intervensi yang dapat dirancang untuk mengembangkan literasi informasi mahasiswa. Pendidik dalam konteks pendidikan tinggi perlu mengintegrasikan aktivitas pemecahan masalah secara berkesinambungan dalam perkuliahan sebagai upaya pengembangan keterampilan literasi informasi mahasiswa. Modifikasi rancangan intervensi dalam penelitian ini dianjurkan untuk dilakukan agar dapat menyempurnakan hasil yang diharapkan.


Keywords


Lesson Study; Literasi Informasi; Pembelajaran Kooperatif; Problem-Based Learning

Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Susilo, H., & Indriwati, S.E. (2019). Discovery learning with jigsaw II on information literacy and cognitive learning outcomes of high school students. Jurnal Pendidikan Sains, 7(4), 139-144.

Amin, A.H., Corebima, A.D., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2017). Analisis persepsi mahasiswa dan dosen terhadap motivasi belajar pada perkuliahan Fisiologi Hewan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains, 1(2), 35-44.

Arikunto, S., Suhardjono & Supardi. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Association of College and Research Libraries (ACRL). (2000). Information literacy competency standards for higher education. American Library Association. http://www.ala.org/ala/mgrps/divs/acrl/standards/informationliteracycompetency.cfm

Blummer, B. (2007). Utilizing WebQuests for information literacy instruction in distance education. College and Undergradtuate Libraries, 14(3), 45-62. https://doi.org/10.1300/J106v14n03_03

Borchardt, R., Salcedo, T. & Bentley, M. (2018). Little intervention, big results: intentional integration of informacy literacy into an introductory-level biology lab course. Journal of Biological Education, 53(4), 450-462. https://doi.org/10.1080/00219266.2018.1494029

Carder, L., Willingham, P., & Bibb, D. (2001). Case-based, problem-based learning Information literacy for the real world. Research Strategies, 18(3), 181-190.

Chevins, P.F.D. (2005). Lectures replaced by prescribed reading with frequent assessment: enhanced student performance in Animal Physiology. Bioscience Education, 5(1), 1-12.

http://dx.doi.org/10.3108/beej.2005.05000002

Cook, P., & Walsh, M.B. (2012). Collaboration and problem-based learning: integrating information literacy into a politica science course. Communications in Information Literacy, 6(1), 59-72.

https://doi.org/10.15760/comminfolit.2012.6.1.118

Diekema, A.R., Holliday, W., & Leary, H. (2011). Re-framing information literacy: Problem-based learning as informed learning. Library & Information Science Research, 33(4), 261-268. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2011.02.002

Epps, W.R. & Taxakis, B. (2015). Putting the pieces together: How librarians at Campbell University use the Chepalonian and Jigsaw methods to teach information literacy. Georgia International Conference on Information Literacy. 79.

https://digitalcommons.georgiasouthern.edu/gaintlit/2015/2015/79

Fainburg, L. I. (2009). Information seeking and learning: a comparison of Kuhlthau’s information seeking model and John Dewey’s problem solving model. New Library World, 110(9/10), 457-466.

Freeman, E. & Lynd-Balta. (2010). Developing information literacy skills early in an undergraduate curriculum. College Teaching, 58(3), 109-115.

http://dx.doi.org/10.1080/87567550903521272

Guilford, J.P. (1988). Some changes in Structure-of-Intellect Model. Educational and Psychological Measurement, 48(1), 1-4. https://doi.org/10.1177/001316448804800102

Harwood, W. S. (2004). A new model for inquiry. Journal of College Science Teaching, 33(7), 29–33.

Hendayana, S. Suryadi, D. Karim, Sukirman, Ariswan, Sutopo, Supriatna, Sutiman, Santosa, Imansyah, H. Paidi, Ibrohim, Sriyati, S. Permanasari, A. Hikmat, dan Nurjanah. (2006). Lesson study suatu strategi untuk meningkatkan keprofesionalan pendidik [Pengalaman IMSTEP-JICA].

Hendayana, S. (2007). Lesson study “suatu strategi untuk meningkatkan keprofesionalan pendidik [Pengalaman IMSTEP-JICA]. UPI PRESS.

Hopkins, D. & Ahtaridou, E. (2008). A teacher's guide to classroom research. McGraw-Hill Education.

Horton, F. W. (2007). Understanding information literacy: A primer. UNESCO.

Karmana, I. W. (2010). Pengaruh strategi problem based learning dan integrasinya dengan jigsaw terhadap kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berpiir kritis, kesadaran metakognitif, dan hasil belajar kognitif biologi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Mataram [Tesis tidak diterbitkan]. Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Kemmis, S & Taggart, Mc. (1988). The Action Research Planner. Dakin University.

Kenney, B.F. (2008). Revitalizing the one-shot instruction session using problem-based learning. Reference & User Services Quarterly, 47(4), 386-391.

Lemons, C. (2009). Replication of significant correlations in small samples. Evaluation & Research in Education, 22(2-4), 75-86.

Middle States Commission on Higher Education. (2003). Developing research and communication skills: Guidelines for information literacy in the curriculum. Philadelphia, Pa. : Middle States Commission on Higher Education, 11–12. http://www.msche.org/publications/devskill050208135642.pdf

Ningsih, F., Indriwati, S.E., Ghofur, A., & Amaliah, N. (2020). Peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E berbasis Lesson Study. BIOMA, 2(1), 29-36.

Nurmala, R.S., Corebima, A.D., Ibrohim. (2015). Pengaruh strategi problem based learning dipadu jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 3(3), 130-136.

Oliver-Hoyo, M., & Allen, D. (2006). The use of triangulation methods in qualitative educational research. Journal of College Science Teaching, 35(4), 42-47.

O’Neil, P.B. (2005). Development and validation of the beile test of information literacy for education (b-tiled) [Disertasi tidak diterbitkan]. University of Central Florida.

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran. Mulia Mandiri Press.

Saefi, M. (2017). Pengaruh blended-challenge based learning terhadap kemampuan literasi informasi, berpikir kritis, dan literasi sains pada mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang [Tesis tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Malang.

SCONUL. (2011). The SCONUL seven pillars of information literacy.

http://www.sconul.ac.uk/sites/default/files/documents/coremodel.pdf

Shonrock, D.D. & Crull, S.R. (2010). Information literacy and cooperative learning: a global housing project. Public Services Quarterly, 6(1), 1-18.

http://dx.doi.org/10.1080/15228950903534477

Shultz, G.V. & Li, Y. (2015). Student development of information literacy skills during problem based organic chemistry laboratory experiments. Journal of Chemistry Education, 93(3), 413-422.

https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.5b00523

Snavely, L. (2004). Making problem-based learning work: Institutional challenges. Portal: Libraries and the Academy, 4(4), 521-531.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wahyuni, E.S. (2015). Implementasi lesson study pada mata kuliah anatomi fisiologi hewan mahasiswa semester III program studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura. Makalah dipresentasikan pada Semirata 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat.

Wallace & Jefferson. (2013). Developing critical thinking skills for information seeking success. New Review of Academic Librarianship, 19(3), 246-255.

Wenger, K. (2014). Problem based learning and information literacy. Pennsylvania Libraries: Research and Practice, 2(2), 142-154.

Zoller, U., R. Blonder., O.E. Finlayson., F. Bogner., L.Anne K., and Kaiser F.G. (2014). Research-based coherent science teaching- assessment-learning to think for global sustainability. Proceedings of the ESERA 2013 Conference e-Proceedings, Nicosia, Cyprus, 2-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v4i1.983

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi

indexed by :