Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script dan Make a Match
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. (2013). Model-model, media, dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif). Yrama Widya.
Khotimah, H. (2020). Meningkatkan hasil belajar peserta didik menggunakan strategi story board pada mata pelajaran akidah akhlak di kelas VIII MTs Nurul Himkah Tinjoan, [Skripsi]. UIN Sumatera Utara.
Juhji. (2017). Model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran IPA. Jurnal Primary, 9(1), 9-16.
Muslich, M. (2011). Melaksanakan PTK itu mudah (classroom action research); Pedoman praktis bagi guru profesional. PT Bumi Aksara.
Nur, K. E & Dede, N. (2018). Penerapan model pembelajaran cooperative script untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 159- 164.
Purnamasari, Y. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap kemandirian belajar dan peningkatan kemampuan penalaran dan koneksi matematik peserta didik SMPN 1 Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(1), 68-77.
Rozi, F., Harmoko & Ferty L T. (2018). Model cooperative script terhadap aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Lubuklinggau. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (Bioedusains), 1(1), 23-33.
Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Kencana.
Setyaningsih. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 006 Tri Mulya Jaya Kecamatan Ukui. Jurnal Primary, 5(3), 317-330.
Sirait, M., & Noer, P. A. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa. INPAFI, 1(3), 252-259.
Siwi, P & Nuraini, D. (2020). Efektivitas model cooperative learning tipe make a match terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas V SD Muhammadiyah Karangploso. Jurnal Taman Cendekia, 4(1), 445-451.
Soiman. (2018). Metode Pendidikan Rasulullah SAW: Tela’ah Kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim. Perdana Publishing.
Sugiono. (2010). Metode Peneltian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Trianto. (2013). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Kencana Prenada Media Group.
Wijanarko, Y. (2017). Model pembelajaran make a match untuk pembelajaran IPA yang menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 52-59.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v4i1.966
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
indexed by :