Pengaruh Project Based Learning pada Materi Sistem Koordinasi terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bell, Stephanie. (2010). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future.
The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 83(2), 39–43.
Djamarah, S. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif: Alternatif desain pembelajaran yang menyenangkan. Ar-Ruzz Media Group.
Fatmawati, E. (2011). Implementasi pembelajaran IPA terpadu oleh guru biologi SMP Negeri di Kabupaten Sragen [Skripsi]. Universitas Negeri Semarang.
Irwantoro, N. & Suryana, Y. (2016). Kompetensi pedagogik. Genta Group Production.
Mahfuzah, A & Mayasari, R. (2018). Pengaruh model project based learning pada konsep sistem koordinasi terhadap hasil belajar kognitif biologi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 4(4), 182-188.
Maula, M.M., Prihatin, J., Fikri, K. (2014). Pengaruh model PjBL (project-based learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan. [Artikel Ilmiah Mahasiswa]. Universitas Jember.
Mohamadi, Z. (2018). Comparative effect of project based learning and electronic project based learning on the development and sustained development of english idiom knowledge. Journal of Computing in Higher Education, 30(2), 363-385.
Nadhiroh, H.A. (2016). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar biologi siswa kelas X4 SMAI Ma’arif Singosari [Skripsi Tidak Diterbitkan]. Universitas Negeri Malang.
Priyayi, D.F., Nurani, D.E., Susanti, & Hastuti, P. (2016). Peningkatan hasil belajar kognitif pada pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Pabelan melalui penerapan model project based learning [Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Sains II]. Universitas Kristen Satya Wacana.
Sudirman, F. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) materi kalor berbasis etnosainsuntuk meningkatkan minat belajar siswa IX MAN Barakan [Skripsi]. UIN Alauddin Makassar.
Sulistyanto, H. (2008). Ilmu Pengetahuan Alam. Pusat Perbukuan Depdiknas.
Susana, S. & Sriyansyah, S. (2015). Analisis didaktis berdasarkan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kalor. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(2), 39-44. https://doi.org/10.21009/1.01207
Sutrisno, A. (2019). Perbedaan kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan model problem based learning, project based learning dan inkuiri di SMPN 24 Bengkulu Utara. Prosiding Seminar Nasional Sains Enterpreneurship VI. Universitas Muhammadiyah Bengkulu Utara.
Widiasworo. (2017). Strategi dan metode mengajar diluar kelas (outdoor learning) secara aktif, kreatif, inspiratif dan komunikatif. Ar-Ruzz Media.
Triani, W., Zulkarnain, Z., & Utami, R.K.S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Geografi, 3(7), 1-11.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v4i1.816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
indexed by :