PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN SISWA SMA NEGERI 13 MEDAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran Dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi Abad Ke-21. Bandung: Refika Aditama.
Adiga, U. & Sachidananda, A. (2015). Problem Based Learning. International Journal of Current Research, 7(6), 17181-17187.
Afriana, J., Anna, P., & Any, F. (2016). Penerapan Project Based Learning Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Ditinjau dari Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202-212.
http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561
Arends, R. (2008). Learning to Teach Sixth Edition. New York: McGrawHill.
Destalia, L., Suratno, & Sulifah, A. H. (2014). Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan Metode Esperimen Pada Materi Pencemaran Lingkungan, FKIP Universitas Jember, Jurnal Pancaran, 3(4), 213-224.
Fauziah, R., Ade, G. A., & Dadang, L. H. (2014). Pembelajaran Saintifik Elektronika Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah, Jurnal Invotec, 9(2), 165-178.
Klegeris, A., & Hurren, H. (2011). Impact of Problem Based Learning In A Large Classroom Setting: Student Perception and Problem Solving Skills. Journal of Advances in Physiology Education, 3 (5), 408-415.
https://doi.org/10.1152/advan.00046.2011
Kodariyati, L. dan Astuti, B. (2016). Pengaruh Model PBL Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD, Yogyakarta, Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 93-106.
Noma, L. D., Prayitno, B. A., & Suwarno. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Kelas X Mia 3 SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016, Jurnal Bio-Pedagogi, 5(2), 15-20.
Magsino, R. M. (2014). Enhancing Higher Order Thinking Skills in a Marine Biology Class through Problem-Based Learning, Asia Pacific Journal of Multidisciplinary Research, 2(5), 1-6.
Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmu. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097-2107.
OECD. (2016). PISA 2015 Result n Focus. OECD Publishing.
Pratama, A. T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Biologi Di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Biolokus, 1(2), 71-76. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.372
Rerung, N., Iriwi, L. S., Sri, W. W. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Pada Materi Usaha Dan Energi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47-55.
https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.597
Ruchaedi, D., & Baechaki, I. (2016). Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Heuristik Pemecahan Masalah dan Sikap Matematis Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2), 20-32.
https://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i2.331
Rusman. (2014). Model - Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Shobirin, M. (2016). Konsep Implementasi K-13 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Depublish.
Soeckalingam, N. & Schmidt, H. (2011). Characteristics of Problems For Problem Based Learning: The Students Perspective, The Interdisciplinary Journal of Problem Based Learning, 1(1), 6-33.
https://doi.org/10.7771/1541-5015.1135
Sudarman. (2007). Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah, Samarinda, Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 68-73.
Supiyandi, M. I. & Julung, H. (2016) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA, Jurnal Pendidikan Sains, 4(2), 60-64.
https://dx.doi.org/10.17977/jps.v4i2.8183
Tanjung I. F. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Strategi Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Respirasi Tumbuhan Tadris Biologi UIN Sumatera Utara. Jurnal Biolokus 2(1), 167-170. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.443
Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wardhani, S. & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian dan Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Depdiknas. Jakarta.
Wasonowati, R., Redjeki, T., & Ariani, S. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Hukum–Hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 66-75.
Widyastutik, I., Muslimin, I., & Madewi, M. (2014). Penerapan Model Problem Based Instruction Pada Tema Pencemaran Air Untuk Melatih Keterampilan Penyelesaian Masalah. Jurusan Biologi FMIPA Unesa, Jurnal Pendidikan Sains E-Pensa, 2(1), 1-7.
Wulan, P., Hasruddin, & Tumiur, G. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Berpikit Kritis Materi Keanekaragaman Hayati Siswa SA Budisatrya Medan, Jurnal Tabularasa PPs UNIMED, 14(3), 217-224.
Yusri, A. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Pangkajene, STKIP Andi Matappa Pangkep, Jurnal Mosharafa, 7 (1), 51-62.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.680
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL BIOLOKUS
indexed by :