PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS, BERPIKIR TINGKAT TINGGI DAN KETERAMPILAN BERTANYA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN DI SMA NEGERI 5 LANGSA
Abstract
Kata Kunci : Berbantuan Multimedia, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Proses Sains, Berpikir Tingkat Tinggi, Model Discovery Learning
Keywords
Full Text:
pdfReferences
Arends, R. I. (2001). Exploring Teaching: An Introduction to Education. New York: McGraw-Hill.
Arends, R. I. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: McGraw- Hill.
Arikunto, S. (2003). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. (2003). Pendidikan Kontekstual Teaching and Learning. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Berbagai Pendekatan dan Model dalam Pembelajaran. Jakarta: Ditjen Dikdasmen, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Dimyanti. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwyer, Francis, & Lin, H. (2010). The Effect of Static and Animated Visualization: A Perspective of Instructional Effectiveness and Efficiency. Pennsylvania: The Pennsylvania State University.
Dwyer, Tim. (2010). Media Convergence: Issues in Cultural and Media Studies. McGraw Hill & Open University Press. London.
Dyers, J.H., et al. (2011). Innovators DNA: Mastering the Five Skilss of Disruptive Innovators. Harvard Business Review.
Febriani, H. (2013). Pengaruh Metode Discovery Learning dalam tatanan pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap hasil belajar biologi dan kecakapan sosial siswa SMP Swasta PGRI 2 Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(3), 116-124
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar (Ed Benyamin Hadinata), Jakarta: Erlangga.
Freeman, J. & Utami M. (2001), Cerdas dan Cemerlang. Jakarta: Gramedia.
Gronlund, Norman E, (1973), Preparing Criterion-Referenced Test for Classroom Instruction. New York: The Macmillan Publishing Company.
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Heong, Y. M., Othman, W.D., Md Yunos, J., Kiong, T.T., Hassan, R., & Mohamad, M.M. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social and Humanity, 1(2), 121-125.
Ismu, R, Pramudiyanti, Yolida, B. (2012). Pengaruh Penggunaan Media ICT Melalui Metode Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains,14 (2), 102-112.
Joice, B. & Weil, M. (1972). Conceptual Complexity Teaching Style and Models of Teaching. Columbia University.
Kawuwung, F. (2011). Profil Guru, Pemahaman Kooperatif NHT, dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SMP Kabupaten Minahasa Utara, Jurnal El-hayah, 1(4), 157-166.
Khairani, M., Sutisna., & Suyanto, S. (2019). Studi Meta-Analisis Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Biolokus, Vol.2 (1) 158 – 166
DOI http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.442
King, F. J., Goodson, L., & Rohani, F. (2006). Higher Order Thinking Skills: Definition, Teaching Strategies, and Assesment. London: A publication of the Educational Services Program.
Krathwohl, D. R. (2002). A revision of Bloom’s Taxonomy: an overview- Theory Into Practice, College of Education. The Ohio State University Pohl.
Lubis, Jalilah. A., dan Harahap, Risnawati. (2018). Penerapan Pendekatan Keterampilan proses Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran Biologi Siswa di SMA Negeri 3 Padangsidimpuan. Jurnal Biolokus, Vol.1 (2) 101-108 . DOI http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.350
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.671
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 JURNAL BIOLOKUS
indexed by :