PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE DI KELAS X SMA NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN

Heni Mulyani Pohan, Ade Isma Hasibuan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis belajar siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan struktur, tata nama, sifat, penggolongan, dan kegunaan karbohidrat, protein dan lemak melalui model pembelajaran kooperatif Think Pair Share. Instrumen tes berupa kemampuan berpikir kritis, angket kemampuan berpikir kritis, lembar observasi aktivitas siswa dan kinerja guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil tes belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share di kelas X Mia-3 SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I 16 orang siswa yang tuntas dan siklus II 25 orang siswa yang tuntas dari 30 siswa yang mengikuti tes belajar. Hasil angket kemampuan berpikir kritis pada siklus I dengan kategori cukup dan siklus II dengan kategori sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan begitu juga dengan observasi kinerja guru yang mengalami peningkatan. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa, terdapat peningkatan hasil belajar siswa, angket kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share di kelas X Mia-3 SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Untuk itu, model pembelajaran kooperatif Think Pair Share dapat diterapkan pada pembelajaran kimia dan pembelajaran lainnya.

Full Text:

PDF

References


________.(2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewey, J. (1909). How We Think. Boston New York Chicago: D.C. Heath & Co. Publisher.

Isjoni. (2013). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Kertayasa, K. (2015). Indonesia PISA Center, WNA: Mathematic Web for PISA. Diakses di http://www. indonesiapisacenter. com/2014/03/tentangwebsite. html.

Mintania, F., Su’aidy, M. & Dasna, W. (2013). PENERAPAN METODE INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA KELAS XI IPA SEMESTER II SMA NEGERI 5 MALANG PADA MATERI KOLOID. Jurnal Pendidikan Kimia UNM, 2(1), 1-11.

Ningsih, S.M., Bambang S., & A. Sopyan. (2012). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Unnes Physics Education Journal, 1 (2), 44-52.

Purnomo, Agus. (2014). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR. Jurnal PGSD. 2(1).

Rahayu, Dita Puji dan Stephani Diah Pamelasari. (2015). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN BENDA. Unnes Science Education Journal. 4 (3).

Surianti, Novi dkk. (2016). PENERAPAN MODEL TPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN SISWA SMAN 1 KLUET UTARA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 4 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :