MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI WORKSHOP DI SMP SWASTA AMANDA

Henny Ramdaniar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran melalui workshop di SMP Amanda Medan Labuhan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah melalui 2 siklus, dimana masing-masing siklus memiliki tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan dan Pengamatan, (3) Evaluasi dan (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah 8 orang guru yang mengajar di SMP Amanda Medan Labuhan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan menggunakan pehitungan persen jumlah guru yang sudah mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 dan yang belum mampu menyusun RPP Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat peningkatan jumlah guru yang mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dari 8 orang guru baru 5 orang guru (62,5% yang mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 pada siklus I kemudian meningkat pada siklus II menjadi 7 orang guru (87,5%) yang sudah mampu menyusun RPP Kurikulum 2013; (2) terdapat penurunan jumlah guru yang tidak mampu menyusun RPP kurikulum 2013, dari 8 orang guru, terdapat 3 orang guru (37,5%) belum mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 pada siklus I kemudian pada siklus II terjadi penurunan jumlah guru yang belum mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 menjadi 1 orang guru (12,5%) yang belum mampu menyusun RPP Kurikulum 2013 secara baik; (3) Kompetensi profesional guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 dapat meningkat melalui workshop.


Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013, Workshop


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Kencana.

Komara. (2007). Kompetensi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Khairuna (2019). MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MELALUI WORKSHOP DAN SUPERVISI AKADEMIK DI SMP ALWASLIYAH 1 MEDAN PADA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Biolokus Vol.2 (2), 175-179.

Kusnadi, D., Tahmir, S., Minggi, I., (2014), IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 1 MAKASSAR. Jurnal Matematika dan Pembelajaran 2: 2354-6883.

Materka, Pat Roessle. (1994). Lokakarya dan Seminar. Yogyakarta: Kanisius.

Mulyasa. (2008). Kompetensi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.

Muzamiroh, M. L. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena.

Notoatmojo. (2003). Workshop. Jakarta: Gramedia.

Reynold. (1990). Effective Teaching Theory. Jakarta: Gramedia.

Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Simatupang, H., & Purnama, D. (2019). ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DITINJAU DARI STANDAR PROSES DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS VII SMP AL-ULUM KOTA MEDAN. Jurnal Biolokus, 2(1), 135–138.

Suprijanto. (2008). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Tilaar dan Pabbadja. (1990). Workshop dan Lokakarya. Jakarta: Gramedia.

Zaini. (2002). Disain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: IAIN Sunan Kali Jaga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :