PENGEMBANGAN MODUL BERORIENTASI PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN (POE) PADA MATERI VIRUS TERHADAP KOGNITIF SISWA

Fitri Agustina Lubis, Ayunda Sabrina Sormin

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa modul biologi pada materi virus di kelas X yang valid, praktis dan efektif dengan menggunakan model Predict, Observe, Explain (POE). Prosedur pengembangan model POE menggunakan metode 4-D (Four-D Model). Pengembangan tahap pertama pendefinisian (define) ini dilakukan penetapan syarat-syarat pembelajaran dengan menganalisis standar kompetensi dan batasan materi pelajaran berdasarkan standar isi kurikulum 2013. Tahap ini terdiri dari 3 langkah yaitu analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis peserta didik (siswa). Tahap kedua perancangan (design) pada tahap ini dilakukan perancangan terhadap bahan ajar yang berbasis model pembelajaran POE berbantuan modul, dengan dua tahap, yaitu: penyusunan instrumen yang diperlukan dalam penelitian ini dan perancangan prototype bahan ajar. Tahap ketiga (develop) merupakan tahap untuk menghasilkan produk pengembangan melalui dua langkah, yakni: 1) penilaian ahli (expert appraisal) yang diikuti dengan revisi, dan 2) uji coba pengembangan terbatas pada siswa (developmental testing). Tahap keempat penyebaran (dessiminate) dengan mempublikasikan bahan ajar yang telah dikembangkan dalam bentuk jurnal. Hasil penelitian didapatkan bahwa kemampuan siswa mengalami peningkatan, pada ranah kognitif 84,5 dengan persentase jumlah siswa yang tuntas . Kompetensi siswa pada ranah kognitif bisa meningkat karena siswa bisa memahami konsep-konsep biologi dengan baik, ini disebabkan perangkat yang digunakan siswa pada proses pembelajaran yaitu LKS dan modul berbasis model POE.

Kata Kunci : Pengembangan Predict, Observe, Explain (POE), Modul, Materi Virus.


Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2007). Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan SMA. (2010). Juknis Pengembangan Bahan Ajar SMA. Jakarta: Depdiknas.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Rencmtar Pelaksanaan Pembelajaran (APP). Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Tingkat Atas.

Fadillah, Muhyiatul. (2012). Modul Biologi Umum. Padang: Universitas Negeri Padang.

Hamalik, Oemar. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. & Nurdin Muhammad. (2012). Belajar Dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta. Bumi Aksara.

Idun, Endang. (2009). Biologi 1 Mahluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan dan Nasional.

Indrawati dan Setiawan. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Afektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung: PPPPTK IPA.

Lucia Ervina. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, Explain) Terhadap Keterampilan Berfikir Kritis Siswa Kelas XII pada Materi Fotosintesis di MAN 2 Palembang. Journal UIN, (http:/ /www.uin.ac.id, diakses Palembang, Desember 2016).

Majid, Abdul. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 65 Tahun 2013.

Program Pascasarjana. (2008). Buku Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi. Padang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Purwanto, M. Ngalim. (2004). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Riduan. (2009). Belajar Mudah Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2010). Pendekatan Pendekatan Pembelajoran. Jakarta: Raja Gravindo.

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sardiman A.M. (2009). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL BIOLOKUS

indexed by :