PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI RESPIRASI DI KELAS XI SMA NEGERI 2 BILAH HULU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar pada materi respirasi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping di kelas XI SMA Negeri 2 Bilah Hulu. Jenis penelitian quasi eksperimen dengan sampel Total Sampling. Kelas XI1 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Mind Mapping sedangkan kelas XI2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t berpasangan pada taraf signifikansi α=0,05. Hasil Uji Hipotesis data Post-test model pembelajaran Mind Mapping dan model konvesional diperoleh thitung = 17,947 dan daftar ttabel = 1,686. Sehingga thitung≥ ttabel (17,947≥ 1,686). Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Simpulan penelitian ini terdapat pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Mind Mapping pada materi respirasi. Dengan demikian Model Pembelajaran Mind Mapping lebih baik digunakan pada materi respirasi dibandingan dengan Model Pembelajaran Konvesional.
Kata Kunci : Mind Mapping, Konvesional, Hasil Belajar, Respirasi.
Full Text:
PDFReferences
Adrian. (2004). Alat Ekresi Pada Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Buzan, Tony. (2005). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Fadhilaturrahmi. (2017). PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA SEMESTER IIA PGSD MATAKULIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA SD KELAS RENDAH. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).
Fealasofi, Rahma., Arnidha, Yunni., & Istiani, Ana. (2015). METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK. Jurnal e-DuMath, 1(2).
Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Isnaini, Muhammad., Aini, K., & Anggraini, R. (2016). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN MIND MAPP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PAMPANGAN OKI. Jurnal Bioilmi, 2 (2).
Kurniasih, Imas & Sani, Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
Lubis, F. A. (2018). PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA. Jurnal Biolokus, 1(2), 93–100.
Pratiwi, D.A., Maryati, Sri., Srikini., Suharno., & S. Bambang., (2012). Biologi Untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Satriawati. (2019). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA PADA KELAS XI MIA 1 MAN 3 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Biolokus. 2(1) , 128-134.
Widyasari, L.A., Sarwanto., & Prayetno, B.A., (2013). PEMBELAJARAN BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL ACCELERATED MELALUI CONCEPT MAPPING DAN MAND MAPPING DITINJAU DARI KREATIVITAS DAN KEMAMPUAN VERBAL SISWA. Jurnal Inkuiri. Vol. 2, No. 3.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i2.534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL BIOLOKUS
indexed by :