PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN STRATEGI PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI RESPIRASI TUMBUHAN TADRIS BIOLOGI UIN SUMATERA UTARA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ardhuha, J., dan Nurmayani, Syuaib, M. Z. (2016). Pengaruh Gaya Belajar VAK pada Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 2 Narmada Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 2 (1): 13-21.
Asyhar, R., dan Ernawati R., Sjarkawai. (2012). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa pada Mata Pelajran Fisika SMA. Jurnal Tecno-Pedagogi. 2 (2): 80-92.
Amir, Taufiq. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Bassed Learning. Jakarta: Prenada Media Group.
Ginting, I.D., Djulia, E., & Gultom, T. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) Terhadap Sikap Ilmiah di MAN Kabanjahe. Jurnal Biolokus, 1 (1), 31-36.
Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pratama, A.T. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Menggunakan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi di Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Biolokus, 1 (2), 71-76.
Rahmatullah, Sahidu, H., Ayub, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dengan Teknik Open-Ended Problem Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMAN 3 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3 (2): 109-118.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suparmi, dan Susilo, F., Sunarno, W. (2016). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model jigsaw dan GI (Group Investigation) Ditinjau dari Kreativitas dan Sikap Ilmiah Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri. 5 (3): 40-48.
Susanto, Ahmad. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tika I. N., dan Sudewi N. L., Subagia I. W. (2014). Studi Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Taksonomi Bloom. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v2i1.443
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL BIOLOKUS
indexed by :