PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DIVARIASIKAN DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA

Fitri Agustina Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Inkuiri  terhadap minat belajar siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan tehnik cluster random sampling. Hasil tes diagnostik yang didapat dari 30 siswa diperoleh 4 siswa dengan kualifikasi tinggi, 12 siswa dengan kualifikasi yang cukup, 8 siswa dengan kualifikasi yang rendah, dan 6 siswa dengan kualifikasi yang sangat rendah. Persentase ketuntasan yang diperoleh adalah 20%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa rendah. Taraf nyata 0,05 dengan dk = 50 diperoleh thitung sebesar 3,49 dan ttabel sebesar 2,01. Berarti thitung lebih besar dari pada ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Nilai rata-rata angket II kelas eksperimen lebih besar yaitu 82,35 dari pada nilai rata-rata angket II kelas kontrol yaitu 70,92 sehingga hipotesis kerja yang digunakan diterima.


Full Text:

PDF

References


Arifah, Yustianisa. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yokyakarta : Mentari Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfa Beta.

Busan,T. 2004. Buku Pintar Mind Map Untuk Anak Agar Anak Pintar Disekolah. Jakarta: PT Gramedia Pusaka Utama.

Djamarah, Aswin. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Kencana.

Hartini dan Eveline, 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Istrani. 2012. Kumpulan Metode Pembelajaran. Medan : Media Persada.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta : Rineka Cipta.

Sri Pujianto. 2008. Menjelajah Dunia Biologi. Solo : Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Sumarni, 2012. Metodologi Penelitian Pendidiakan Yokyakarta: Insan Mandiri.

Tanjung, Indayana F. 2016. Guru dan Strategi Inkuiri Dalam Pembelajaran Biologi. JURNAL TARBIYAH, Vol. 23, No. 1, Januari-Juni 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 BIOLOKUS

indexed by :