UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW) DI KELAS XISMA NEGERI I BILAH HULU
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi melalui metode PembelajaranSQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) pada materi Pokok Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI SMA Negeri I Bilah Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswakelas XI SMA Negeri I Bilah Hulu dengan jumlah peserta didik sebanyak 33 orang. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode: wawancara,observasi, dokumentasi, diskusi dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologisiswamelalui penerapan metode pembelajaran SQ3R mengalami peningkatan, khususnya pada materi pokok sistem pencernaan makanan. Pada siklus I diperoleh nilai diskusi individu < KKM sebanyak 7 anak sedangkan > KKM 23anak dengan rata-rata 62,2 dan ketuntasan belajar 76,67% meningkat menjadi 75,73 dengan ketuntasan belajar 90,9% pada siklus II yaitu <KKM sebanyak 3 anak sedangkan >KKM 30 anak. Serta nilai evaluasi dengan rata-rata 66,25 dengan ketuntasan belajar 75,75% dan meningkat menjadi 76,30 dengan ketuntasan belajar 93,93% pada siklus II. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II dan tidak perlu dilakukan siklus ke III. Hambatan pengunaan metode SQ3R yaitu sikap pasif pesertadidik serta bergantung pada orang lain dalam proses pembelajarandan keterbatasan fasilitas pembelajaran seperti sumber belajar dan alatperaga pembelajaran yang tersedia.
Kata Kunci: peningkatan hasil belajar, Metode pembelajaran SQ3R
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i1.311
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Biolokus : Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
indexed by :