Practicality test of HOTS-based worksheet on evolution topic for high school students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnan, Usman, M., Sugiarti, & Arsad, B. (2021). Biology Science Literacy of Junior High School Students in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1752 012084, 1- 9.
Adnan., Hamka., Faisal., & Akhmad, F.D. (2021, Oktober). Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mahasiswa Biologi FSCIENCE UNM. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021: Penguatan Riset, Inovasi, dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19 di Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Afni, N., & Nurhayati, B. (2022). Mengenal HOTS Melalui Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Higher-order Thinking Skills Biologi SMA/MA Kelas XI. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Agustyaningrum, N., & Yesi, G. (2017). Praktikalitas dan Keefektifan Modul Geometri Analitik Ruang Berbasis Konstruktivisme. Jurnal Dimensi, 6(3), 412-420.
Alwi, Z., Ernalida., & Yenni, L. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter dan Saintifik. Fon: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 16(1), 10-21.
Anderson L.W, & Krathwol, D.R. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dinni, H.N. (2018). HOTS (Higher-order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma 1, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 170-176.
Fanani, M.Z. (2018). Strategi Pengembangan Soal Higher-order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Journal of Islamic Religious Education, 2(1), 57-76.
Haifaturrahmah., Yuni, M., & Sukton, F. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ulul Albab, 22(2), 78-81.
Hartono, A., Ashar, H., & Diky, S.D. (2022). Development of HOTS-Based Questions on Biology Learning. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 5(1), 54-65.
Indah, P. (2020). Development of HOTS (Higher-order Thinking Skill) Oriented Learning Through Discovery Learning Model to Increase the Critical Thinking Skill of High School Students. International Journal of Chemistry Education Research, 4(1), 26-32.
Irmawati, M., Rukli., & Baharullah. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Discovery Learning Berbasis GRANDER di Sekolah Dasar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 127-139.
Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Mahmudah., & Bahtiar, M.D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Higher-order Thinking Skills Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 10(1), 80-93.
Monica., & Laura, C.L. (2011). Efek Warna dalam Dunia Desain dan Periklanan. Humaniora, 2(2), 1084-1096.
Mulbar, U., Adnan., Alimuddin., Hasanah, R., & Rahmadani. (2020). The Influence of Discovery Learning with Scientific Approach on Student’s Creative Thinking Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1899 012134, 1-7.
Noviati, W., Syafruddin., & Linda, M. (2022). Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis HOTS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri Kecamatan Sumbawa. Jurnal Kependidikan, 6(2), 11-17.
Palennari, M. (2018). Problem Based Learning (PBL) Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pebelajar Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, 599-608.
Pohan, H.M., & Hasibuan, A.I. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share di Kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 2(2), 228-233.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Purnama, S. (2010). Elemen Warna dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Al-Bidayah, 2(1), 113-129.
Rahmawati, S., Syamsiah., & Muis, A. (2022). Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMA Negeri 1 Wonomulyo Pada Mata Pelajaran Biologi di Masa Pandemi COVID-19. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 215-223.
Ramadhana, F., Adnan., & Asmawati, A.A. (2022). Uji Validitas Pengembangan E-LKPD Berorientasi HOTS Materi Sistem Pernapasan SMA Kelas XI. Kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 3(1), 1-10.
Ramadhani, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika yang Berorientasi Pada Model Problem Based Learning. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 7(2), 116-122.
Rejeki, S., Adnan., & Asmawati, A.A. (2022). Uji Kelayakan LKPD Berorientasi HOTS Pada Materi Biologi Semester Genap Kelas X di SMA Kristen Rantepao. Bioma: Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi, 7(2), 218-231.
Riduwan. (2006). Dasar - Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2010). Dasar - Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Riduwan. (2018). Dasar - Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rofiah, E., Nonoh, S.A., & Elvin, Y.E. (2013). Penyusunan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 17-22.
Salahuddin, M., & Nurlailatun, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tahapan Polya. Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 8(1), 37-48.
Setiawati, W., Oktavia, A., Ariyana Y, Reisky B, & Ari P. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sofyatiningrum, E., Etty, S., Rahmah, A., Erni, H., Linda, E., Fransisca, N.K., & Burhanuddin, T. (2018). Muatan HOTS pada Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Soraya, R., & Efrida, P.S.T. (2022). Development of HOTS-based LKPD on Student Learning Outcomes in Cell Biology Material at SMAN 2 Percut Sei Tuan. Bio-Inoved: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(3), 267-275.
Sugiarti., Mulbar, U., Adnan., & Arsad, B. (2021). Correlation between Teacher Guidance and Parent with Chemical Literation Ability of Junior High School Student. Journal of Physics: Conference Series, 1752 012083, 1-9.
Sukardi. (2011). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Teti., & Ghullam, H. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis HOTS Berdasarkan Taksonomi Bloom di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 45-58.
Wahyuni, P. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan [Skripsi]. STKIP PGRI Sumatera Barat.
Wicaksono, L. (2016). Bahasa dalam Komunikasi Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Prospektif, 1(2), 9-19.
DOI: http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v6i1.1641
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi
indexed by :