UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TENGGANG RASA MELALUI KONSELING KELOMPOK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 19 MEDAN
Abstract
Tujuan dari penelitian untuk mengeksplorasi secara mendalam data tentang Upaya Guru Bk Untuk Meningkatkan Sikap Tengang Rasa berupaya untuk menguraikan hasil temuan penelitian dan menentukan fakta-fakta dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan pengamatan langsung/observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Sekolah, Guru BK, Wali kelas dan Siswa SMP Negeri 19 Medan. Kesimpulan dari penelitian ini dapat dijelaskan bahwa upaya guru BK untuk meningkatkan sikap tenggang rasa siswa dengan melalui konseling kelompok di SMP Negeri 19 Medan yang dilakukan guru BK yang bertujuan agar siswa dapat menghargai, menghormati orang lain melalui ucapan,perbuatan dan tingkah laku yang baik, dan layanan konseling kelompok sangat membantu guru BK dalam membentuk prilaku siswa. guru BK juga menggunakan program bimbingan konseling dalam membantu pembentukan tingkah laku siswa. Upaya guru BK untuk meningkatkan sikap tenggang rasa siswa berjalan baik secara efektif.
Kata Kunci : Sikap Tenggang Rasa, Konseling Kelompok
Full Text:
PDFReferences
Akhmad. H. Impementasi Pendidikan Multikultural dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. (Jurnal Pembangunan Pendidikan, 2012) Vol. 1 h 72.
Abu Bakar M Luddin. Kinerja Kepala Sekolah Dalam Kegiatan Konseling. (Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2009), h. 52
Lahmuddin Lubis, Konsep-Konsep Dasar Bimbingan Konseling, h. 22-23
Lumongga Namora Lubis, 2014, Memahami Dasar-dasar Konseling
dalam Teori dan Praktik, Jakarta : Kencana.
Yayan Alfin, Hubungan Pengetahuan Sila Kemanusian Dengan SikapTenggang Rasa Pada Siswa SDN Cibarusah Jaya 01 Kecamatan Cibarusah Kabupaten Bekasi (Studi Korelasional Pada
Siswa Kelas V Sd), Civics ISSN 2527-9742 Vol 1 No 1, 2016
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v2i2.801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :