UPAYA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MEREDUKSI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X MELALUI TEKNIK SELF MANAGEMENT DI SMK YAYASAN PENDIDIKAN DELISHA TANDAM HILIR II

Dewi Rahmadani

Abstract


Istilah prokrastinasi berasal dari bahasa Latin procrastination dengan awalan “pro” yang berarti mendorong maju atau bergerak maju dan akhiran “crastinus” yang berarti keputusan hari esok. Dimana kebanyakan siswa tersebut memiliki tingkat prokrastinasi akademik yang tinggi, oleh sebab itu peneliti ingin mereduksi prokrastinasi akademik siswa tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah upaya guru bimbingan dan konseling untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa melalui teknik self management. Self management merupakan upaya individu untuk melakukan perencanaan, pemusatan perhatian, dan evaluasi terhadap aktivitas yang dilakukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan observasi. Untuk memperoleh data yang sesuai dengan penelitian ini, maka digunakan alat atau disebut juga instrument penelitian. Alat yang digunakan ialah dengan menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah mereduksi angket, penyajian angket, dan juga salah satu layanan di dalam BK yakni layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management.
Dimana hasil angket yang diperoleh setelah tindakan di siklus I 60%, dan siklus II menjadi 80%. Dan ini terlihat jelas bahwa setiap siklusnya mengalami penurunan dan sudah mencapai target keberhasilan tindakan yang diharapkan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa: upaya guru bimbingan dan konseling untuk mereduksi prokrastinasi akademik siswa kelas X melalui teknik self management di SMK Yayasan Pendidikan Delisha Tandam Hilir II sudah terlaksana dengan baik.
Kata Kunci: Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa, Self Management

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Mu.Mansyur dan Munifah. 2016. Upaya Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management. Jurnal Konseling Dan Psikoedukasi. ISSN: 2502-4000. Vol.1. No. 2. Desember. h. 1-4

Al- Maraghi, Ahmad Mushthafa. 1974. Tafsir Al- Maraghiy. Semarang: CV. Toha Putra Semarang

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ash Shiddiegy, Prof. Dr. T.M Hasbi. 1991. Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits. Jakarta: PT. Bulan Bintang

Damayanti, Nidya. 2012. Panduan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Araska

Departemen Agama RI. 2011. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Semarang: Raja Publishing

Dewi, Rosmala. 2016. Profesionalisasi Guru Bimbingan dan Konseling Melalui Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling

Ghufron, M.Nur, Risnawita S, Rini. 2017. TeorI-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Hartono, Soerdamadji, Boy. 2012. Psikologi Konseling. Jakarta: Kencana

Hidayat, Dede Rahmad. 2012. Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks

Jaya, Indra, Ardat. 2013. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan. Bandung; Citapustaka Media Perintis

Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Press

Lahmuddin Lubis. 2011. Landasan Formal Bimbingan Konseling Di Indonesia. Bandung: Citapustaka Media Perintis

Lubis, Namora Lumongga. 2011. Memahami Dasar-Dasar Konseling (Dalam Teori dan Praktik). Jakarta: Kencana

Manurung, Purbatua, Tumiyem, dan Helmi Ghoffar. 2016. Media Pembelajaran Dan Pelayanan BK. Medan: Perdana Publishing

Poerwadarminta, W.J.S. 2000. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Prayitno, Amti Erman. 2004. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

……….. 2012. Seri Panduan Layanan Dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang: Bimbingan dan Konseling

……….1995. Seri Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah (Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar Dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia

Ridwan. 2012. Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Bandung; Alfabeta

Riskiyah. 2017. Implementasi Permendikbud No. 111 Tahun 2014 Dan Implikasinya Terhadap Uraian Tugas Dan Kompetensi Guru Bimbingan & Konseling. Jurnal Pendidikan Volume 2 Tahun 2017 No. 1

Sugiono. 2005. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyo. 2016. Manajemen Bimbingan dan Konseling Di Sekolah (Pedoman Teoritis dan Praktis Bagi Konselor Sekolah). Semarang: Widya Karya

Sukardi, Dewa , Ketut. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sukardi, Dewa, Ketut. 2008. Proses Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Supriadi, Dedi. 2004. Profesi Konseling dan Keguruan. Bandung: Pps IKIP Bandung

Sutirna. 2013. Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Formal, Nonformal, dan Informal. Yogyakarta: Andi Offset

Syakir, Syaikh Ahmad. 2014. Mukhtashar Tafsir Ibnu Katsir (jilid 3). Jakarta: Darus Sunnah Press

Tarmizi. 2018. Bimbingan Konseling Islami. Medan: Perdana Publishing

Tohirin. 2007. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Rajagrafindo Persada

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang SISDIKNAS & Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Tahun 2010 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara, Cet. 1

Wibowo, Mungin Eddy, dan Awalya. 2016. Mereduksi Prokrastinasi Akademik Siswa SMP Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Self Management. Jurnal Bimbingan dan Konseling. ISSN: 2252-6374. Vol.3. No. 7

Winkel, W.S. 2006. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v2i1.691

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :