PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X SMK TRIGUNA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan
teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal
siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi ekperimen design
nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen menerima
perlakukan berupa 7 sesi bimbingan kelompok yang diselenggarakan dua kali
dalam seminggu. Kelompok kontrol tidak menerima perlakuan. Populasi dalam
penelitian ini adalah Siswa Laki-laki kelas X jurusan otomotif SMK Triguna
Utama Ciputat tahun angkatan 2017. Teknik sampling yang digunakan adalah
non-probability sampling dengan bentuk purposive sampling. Siswa laki-laki
yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang dengan skor
keterampilan komunikasi interpersonal berada dalam kategori rendah. Instrumen
yang digunakan dalam menentukan sampel penelitian ini adalah instrumen
keterampilan komunikasi interpersonal dengan empat pilihan dalam model skala
likert yang terdiri 42 butir valid dengan reliabilitas menggunakan cronbach’s
alpha sebesar 0,813. Teknik analisis data statistik dilakukan dengan menggunakan
statistik deskriptif dengan menggunakan mean empiris untuk melihat rata-rata
skor pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig sebesar 0.000, yang
berarti melalui hasil perhitungan tersebut maka diperoleh kesimpulan bahwa pada
keterampilan komunikasi interpersonal siswa laki-laki sig< 0.05, Artinya
peningkatan keterampilan komunikasi interpersonal siswa laki-laki kelas X
jurusan otomotif SMK Triguna Utama Ciputat kelompok treatment lebih tinggi
dibandingkan kelompok kontrol. Implikasi dari hasil penelitian adalah membantu
meningkatkan keteramplan komunikasi interpersonal siswa laki-laki kelas X
jurusan otomotif SMK Triguna Utama Ciputat. Oleh sebab itu, dinamika
kelompok layanan bimbingan kelompok dapat memfasilitasi siswa untuk
mengenal dan mengekspresikan perasaan diri dan orang lain, berpendapat serta
membina hubungan dengan sesama anggota.
Kata Kunci : bimbingan kelompok, komunikasi interpersonal, siswa laki-laki-sosiodram
Full Text:
PDFReferences
Berko, Roy M, Wolvin, Wolvin, 2001, Communicating ; A Social and CareerFocus,
Newyork, Houghton Mifflin Company
Devito, J.A. (2013). The Interpersonal communication book (13th ed). New York :
Pearson
Hurlock, E. B. (2009). Psikologi Perkembangan : Suatu Perkembangan Sepanjang
Rentan Kehidupan. Jakarta : Erlangga
Jacobs, E. E., Masson, R. L., Harvill, R. L., & Schimmel, C. J. (2009). Group
counseling: Strategies and skill (7th ed.). USA: Brooks/Cole, Cengage
Learning.
Nur Hasyim. (2012). Penyadaran Gender Untuk Laki-laki. Jakarta : Rifka Annisa
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v1i1.529
Refbacks
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :