PENGARUH LAYANAN INFORMASI TERHADAP PENGAMALAN NILAI-NILAI AKHLAK PADA SISWA KELAS X MAN KISARAN
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kisaran dan masalah yang dibahas
berkaitan dengan pelaksanaan layanan informasi, pengamalan nilai-nilai akhlak di
kalangan siswa serta pengaruh layanan informasi terhadap pengamalan nilai-nilai akhlak
dikalangan siswa Kelas X MAN Kisaran Tahun Ajaran 2016/2017.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 197 orang
siswa. Sebagai sampel ditentukan sebanyak 40 orang siswa. Selain observasi dan
wawancara penelitian ini menggunakan angket 20 pertanyaan untuk variabel layanan
informasi dan 20 pertanyaan untuk variabel pengamalan nilai-nilai akhlak. Teknik
korelasi yang digunakan adalah Produc Moment.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisas terhadap pengamalan nilai-nilai
akhlak siswa dapat dikemukakan bahwa kategori kecenderung pengamalan nilai-nilai
akhlak adalah sebanyak 10 responden (25.00%) termasuk dalam kategori tinggi, sebanyak
21 responden (52,50%) berada pada kategori sedang dan selebihnya sebanyak 9
responden (22,50% ) pengamalan nilai-nilai akhlak siswa adalah kategori rendah.
Korelasi yang diperoleh adalah positif antara pelaksanaan layanan informasi dengan
pengamalan nilai-nilai akhlak siswa di MAN Kisaran yaitu sebesar rxy = 0,867. Dari
korelasi ini dapat dipahami bahwa hubungan antara pelaksanaan layanan informasi
dengan pengamalan nilai-nilai akhlak siswa siswa berada pada tingkat hubungan kuat.
Dari hasil analisis penelitian maka dapat dikemukakan bahwa sebesar 75.17%
pengamalan nilai-nilai akhlak siswa siswa berhubungan dengan pelaksanaan layanan
informasi yang diberikan.
Kata Kunci: layanan informasi, nilai-nilai akhlak
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v1i1.525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :