PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS X DI SMA AL-ULUM MEDAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kecerdasan interpersonal siswa kelas X, peran guru BK kelas X, dan faktor penghambat guru BK untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas X di SMA Al-Ulum Medan. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik yang digunakan peneliti ini adalah: Observasi, Wawancara Mendalam (Indepth Interview), Dokumentasi. Dengan analisis data dilakukan melalui tiga (3) tahapan proses yaitu: Reduksi data, Penyajian data Kesimpulan. Untuk penjaminan keabsahan data penulisan mengunakan teknik Triangulasi yang dilakukan dengan jalan: Membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Kecerdasan interpersonal siswa kelas X berbeda-beda, ada 17 siswa
yang mengalami masalah kecerdasan interpersonal dengan karakteristik sulit bergaul, tidak perduli saat guru/ temannya berbicara, berhubungan tidak baik dengan orang lain, egois/ mau menang sendiri dan sulit diajak bekerja sama, (2) Guru BK berperan meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas X melalui layanan klasikal, layanan bimbingan kelompok, dan layanan bimbingan pribadi (face to face), (3) Faktor penghambat guru BK untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa kelas X adalah sedikitnya jam guru BK, kurangnya tenaga BK dan kurangnya minat siswa terhadap materi BK.
Kata Kunci : Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Kecerdasan Interpersonal
Full Text:
PDFReferences
Abdulhalil. (2020). “Peran Kepemimpinan Camat dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai”. Journal Government of Archipelago, 1(1), 28.
Acesta, Arrofa. 2012. Kecerdasan Kinestetik dan Kecerdasan Interpersonal serta
Pengembangannya. Surabaya: Media Sahabat Cendikia.
Anggreni, Silvia, dkk. (2021). “Peranan Guru dalam Bimbingan dan Konseling untuk
Pembentukan Nilai Moral pada Peserta Didik di Sekolah Dasar”. Ensiklopedia of Journal, 3(3), 225.
Arsini, Yenti. (2017). “Konsep Dasar Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Sekolah”. Jurnal
Pendidikan dan Konseling, 7(1), 45.
Cici, Euis. (2017). “Melek Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Junal Tunas Siliwangi,
(2), 14.
Fitriyanti, Irma. (2019). “Peran Guru BK dalam Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Siswa di
SMA Bina Jaya Palembang”. Jurnal Wahana Konseling, 2(2), 105.
Hikmawati, Fenti. 2016. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers.
Idayana, Santa. (2018). “Peningkatan Kecerdasan Interpersonal melalui Bermain Musik”.
Jurnal Caksana, 1(1), 39.
Kurniasih, Siti. 2021. Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. Bogor: Guepedia.
Kurniati, Erisa. (2018). “Bimbingan di Sekolah: Prinsip dan Asas”. Jurnal Bimbingan dan
Konseling, 3(2), 56-58.
Oviyanti, Fitri. (2017). “Urgensi Kecerdasan Interpersonal”. Jurnal Tadrib, 3(1), 80.
Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Salsabilla, Sidqi & Ashif. (2020). “Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar”.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 36.
Suhertina. 2014. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Pekanbaru: CV Mutiara Pesisir
Sumatera.
Sutarna, Nana. (2018). “Penerapan Pendekatan Sosial untuk Meningkatkan Kecerdasan
Interpersonal Siswa Sekolah Dasar”. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2),
Syafriana, Henni. 2019. Bimbingan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI.
Wulandari, dkk. (2016). “Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik pada Pembelajaran
Ekonomi di Kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Raja”. Jurnal Profit, 3(2), 186.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i2.2167
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :