TEACHING CLINIC SEBAGAI UPAYA MENGENTASKAN LEARNING LOSS MAHASISWA PASCA PANDEMI COVID-19

Ali Daud Hasibuan

Abstract


Kegiatan Work from Home (WFH) selama Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang signifikan bagi proses pembelajaran pada khususnya. Dimana selama WFH pembelajaran dilakukan secara daring yang pada gilirannya berdampak pada learning loss yang dialami oleh para mahasiswa.  Penelitian ini bertujuan sebagai upaya dalam mengentaskan permasalahan learning loss yang dialami mahasiswa FITK UIN Sumatera Utara Medan pasca Pandemi Covid-19. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain experiment. Populasi penelitian mahasiswa FITK UIN Sumatera Utara Medan. Sampel diambil dari Mahasiswa aktif BKPI sebanyak 30 orang kelompok eksperimen, dan 24 orang kelompok kontrol, dengan pertimbangan bahwa profil lulusan prodi BKPI menjadi guru BK di Mekolah/Madrasah harus mampu mendiagnosis kesulitan belajar siswa dan memberikan upaya pengentasannya. Data dikumpulkan menggunakan angket yang disusun berdasrkan indikator learning loss. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur.

Hasil analisis menunjukkan bahwa; 1) Ada perbedaan learning loss yang dialami mahasiswa pada kelompok esperimen dengan kelompok kontrol setelah diadakan teaching clinic. 2) Ada perbedaan learning loss pada mahasiswa yang sebelumnya mengalami learning loss berat dengan mahasiswa yang sebelumnya mengalami learning loss rendah setelah diadakan teaching clinic dengan sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F sebesar 16,488 > 1,69. Adapun nilai rata-rata mahassiwa yang sebelumnya mengalami learning loss berat sebesar 35,707, sementara mahasiswa yang sebelumnya mengalami learning loss rendah sebesar 36,732. 3) Ada interaksi skor learning loss pada mahasiswa ditinjau dari kelompok esperimen dengan kelompok kontrol, dan kelompok learning loss awal tinggi dengan kelompok learning loss awal rendah dengan sig. sebesar 0,003 < 0,05 dan nilai F sebesar 1,733 > 1,69.  Dapat disimpulkan bahwa, teching clinic efektif untuk mengentaskan learning loss pada mahasiswa BKPI FITK UIN Sumatera Utara Medan pasca pandemi Covid-19.

 Kata Kunci: learning loss, pandemi covid 19, teaching clinic


Full Text:

PDF

References


Murniati, Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P., & Subiyakto, B. (2021, March 10). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal , pp. 135-142. DOI: https://doi.org/10.20527/

Prawira, P. A. (2013). Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Baru. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Sari, L. P. (2012, Juli 08). Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Retrieved from Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar: http//:www.from pshichology with lovely heart: Motivasi Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i1.1648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :