Efektivitas Layanan Konseling Individu dalam Menghadapi Anak Broken Home di SMA N 1 Tebing Tinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan mendeskripsikan efektivitas layanan konseling individu dalam menghadapi anak broken home di SMA Negeri 1Tebing Tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan subjek yang disebut informan yaitu guru BK, dan tiga orang siswa yang mengalami broken home. Penentuan tiga orang siswa diambil berdasarkan hasil wawancara dengan guru BK yang benar-benar mengalami kondisi broken home dan berdampak pada kehidupan sehari-hari. Adapun hasil penelitian ini ini menunjukkan bahwa terdapat efektivitas layanan konseling individu dalam menghadapi kasus anak broken home, hal ini dilihat dari perilaku anak antara sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan konseling.
Sebelum mengikuti konseling terdapat berbagai permasalahan yang dialami anak sebagai dampak dari broken home, seperti kesulitan mengontrol emosi, insecure dan kehilangan self confident,kehilangan minat belajar sampai kesulitan bersosialisasi dengan lingkungannya. Adapun perubahan perilaku setelah mengikuti layanan konseling individu,terdapat perubahan perilaku yang cukup signifikan. Hal ini dibuktikan dengan wawancara yang dilakukan kepada siswa, serta pihak terdekat siswa seperti wali kelas yang mengakui bahwa adanya perubahan perilaku siswa setelah mengikuti konseling individu secara berkala dan konsisten.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i2.1353
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :