FAKTOR PENDUKUNG DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA DI SMP IT BUNAYYA PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Keterampilan komunikasi sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu, terutama siswa. Sebab salah satu kegiatan yang dilakukan oleh siswa pada saat proses pembelajaran adalah berkomunikasi. Jadi, setiap siswa diharapkan memiliki keterampilan berkomunikasi yang baik sehingga dapat membantu dalam mengoptimalkan proses pembelajarannya. Melihat fenomena yang ada di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan, bahwa masih ditemukannya siswa yang kurang memiliki keterampilan dalam berkomunikasi. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti mempunyai tujuan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi siswa di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan, termasuk faktor pendukung dalam mengembangkan keterampilan siswa di SMP IT Bunayya Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun metode yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah informan yang dapat dijadikan sumber untuk mendapatkan informasi terkait dengan judul penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru BK, Wali Kelas, dan Siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendukung dalam mengembangkan komunikasi siswa adalah wali kelas.
Kata Kunci: keterampilan komunikasi, faktor pendukung.
Full Text:
PDFReferences
Agustiningsih, Neneng. (2019). Melatih Keterampilan Komunikasi dan Kemandirian
Belajar Siswa MA Melalui Model Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Pada
Topil Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan, Jurnal Program Studi Biologi,
Vol 9. No 1.
Aswita, Effi. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Medan: Unimed Press.
Harapan, Edi& Syarwani Ahmad. (2014). Komunikasi Antarpribadi Perilaku Insani dalam
Organisasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Junita, Astri Putri, Arsil &Agung Rimba Kurniawan. 2020.Analisis Pencapaian
Keterampilan Komunikasi Pada Proses Pembelajaran. Vol. 3 No. 2, hal 159-160.
Magdalena, Ina. dkk. (2021). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan
Berbicara Siswa di SDN Kosambi 06 Pagi Jakarta Barat, Jurnal Pendidikan dan
Ilmu Sosial, Vol 3. No 1.
Marfuah. Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam
Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Nurjannah, Ikke. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap
Keterampilan Berkomunikasi Siswa Kelas X MAN Kisaran. Medan: UIN Sumatera
Utara, Vol 1. No 2.
Silya, dkk. (2012). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi Dengan Aktivitas Belajar
Siswa. Vol 1 No 2. Padang: UNP Press.
Siyoto, Sandu & Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi
Media Publishing.
Syafriana, Henni & Abdillah. 2019.Bimbingan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya,
Medan: LPPPI.
Vicky, Muhammad. (2021). Keterampilan Komunikasi Pekerja Sosial Dinas Sosial
Provinsi Riau dalam Program Keluarga Harapan PKH Desa Kepau Jaya
Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Vol. 8.
Widjaja. 2010. Komunikasi Komunikasi dan Hubungan Masyarakatt. Jakarta: PT Bumi
Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v4i1.1343
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
===========================================================================================================
LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :
ISSN (print) : 2656-2782 ISSN (online) : 2720-9806
INDEX BY :