UPAYA GURU BK DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA PADA ERA DIGITALISASI DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN

Wanda Hafnizah, Saiful Akhyar Lubis, Purbatua Manurung

Abstract


Membina akhlak merupakan upaya yang dilakukan untuk membantu, serta membimbing siswa agar memperoleh akhlak mahmuda (baik) dan menjauhi akhlak mazmumah (buruk). Pada era digitalisasi akhlak menjadi sorotan, sebab pada era digitalisasi manusia khususnya siswa hidup berdampingan dengan teknologi, internet dan media sosial, yang menyebabkan perubahan akhlak. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi akhlak siswa pada era digitalisasi, Upaya guru BK dalam membina akhlak siswa pada era digitalisasi, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan upaya guru BK dalam membina akhlak siswa pada era digitalisasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah tiga guru BK, kepala madrasah dan enam siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. 

Penelitian menunjukkan bahwa kondisi akhlak siswa pada era digitalisasi di Madrasah
Tsanawiyah Negeri 2 Medan beragam, yaitu terdapat siswa yang memiliki akhlak mahmuda dan juga akhlak mazmumah. Upaya yang dilakukan guru BK dalam membina akhlak siswa pada era digitalisasi saat ini menggunakan layanan informasi, layanan bimbingan kelompok dan kegiatan kunjungan rumah (home visit). Factor pendukung pelaksanaan upaya guru BK dalam membina akhlak siswa pada era digitalisasi yaitu pihak sekolah yang mendukung guru BK, orang tua siswa yang mau ikut bekerja sama dengan guru BK, dan wali kelas yang mengumpulkan data siswa yang melakukan pelanggaran akhlak. Selanjutnya, faktor penghambat dalam membina akhlak pada era digitalisasi adalah jaringan internet pada saat pemberian layanan melalui Zoom Meeting.

Kata Kunci : Guru BK, Membina Akhlak, Era Digitalisasi

 


Full Text:

PDF

References


Afrianto. (2015). Prinsip-prinsip Pendidikan Akhlak Generasi Muda: Percikan Pemikiran Ulama Sufi Turki Bediuzzaman Said Nursi. Yogyakarta: Penerbit Deepublish

Fuad, A. (2019). Landasan Bimbingan dan Konseling Islam Yogyakarta: CV Budi Utama

Gustini N. (2016) Bimbingan dan Konseling Melalui Pengembangan Akhlak Mulia Siswa Berbasis Pemikiran Al-Ghazali. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. 1 (1), 1-14

Hallen A. (2005). Bimbingan dan Konseling. Jalan Kertamukti: Quantum Teaching

Hikmawati, F. (2016). Bimbingan & Konseling Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Hamzah. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran Panduan Lengkap Bagi Guru Profesional. Jawa Tengah: CV Pilar Nusantara

Harefah Darmawan dan Kaminudin T. (2020) Teori Manajemen Bimbingan dan Konseling.

Helauddin & Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif sebuah tinjauan teori & Pratik.

Iskandar Muda Siregar. (2011). Usaha Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembinaan Akhlak

Siswa Pada MAN 1 Padangsidimpuan. Skripsi, Sekolah Tinggi Islam Negeri Padangsidimpuan

Jurnal Pendidikan, 8 (1), 116-147

Khamaluddin. H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17 (4), 447-454

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Taman Sidoarjo: Zifatama Publisher

Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim. 15 (1), 49-65 Melik, Budiarto. (2017). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Jawa Timur: CV. Ae Media Grafika

Nurzaman & Awaliyah, T. (2018). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Sai’d Hawwa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6 (1), 24-38

Prayitno dan Amti, E. (2016). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling Jakarta: PT Rineka Cipta

Putri, D. Palupi. (2018). Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar di Era Digital.

Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 37-50

Rahmi, P. Fitri dan Yoneta, O. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Kenakalan Remaja Pada Siswa-Siswi MAN 2 Model Kota Pekanbaru Tahun 2018. Jurnal Of Midwifery Science, 3 (2), 84-90

Rohayati, E. (2011). Pemikiran al-Ghazali Tentang Pendidikan Akhlak. Jurnal Ta’dib, XVI (01), 93-112

Soetari, E. (2014). Pendidikan Karakter dengan Pendidikan Anak untuk Membina Akhlak Islami.

Suryani, Ira, dkk. (2020) Pendidikan Madrasah Pada Pandemi: Panduan Guru BK Melaksanakan Pelayanan Melalui Online. Medan: Pusdikra Mitra Jaya

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Konsep, Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PrenadaMedia Group

Syafaruddin, (dkk). (2018). Ilmu Pendidikan Islam Jakarta: Hijri Pustaka Utama

Suhartono dan Yulieta, N. R. (2019). Pendidikan Akhlak Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan Islam, 1 (2), 36-53

Wathoni M. Nurul. (2020). Akhlak Tasawuf, Nusa Tenggara Barat: Forum Pemuda Aswaja

Wahyudi, T. (2020). Strategi Pendidikan Akhlak Bagi Generasi Muda di Era Disrupsi. Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3 (2), 14-34




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v3i2.1204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :