UPAYA GURU BK DALAM MENGATASI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 MEDAN

Wilda Deliana Harahap

Abstract


Prokrastinasi akademik merupakan perilaku penundaan terhadap tugas akademik. Ada
banyak kerugian yang akan didapatkan oleh seorang prokrastinator. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kondisi prokrastinasi akademik siswa selama masa pandemi COVID-19, faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa, dan upaya guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik, serta faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan upaya guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek penelitian adalah guru BK, dan 4 (empat) siswa. 
Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa kondisi prokrastinasi akademik selama masa pandemi COVID-19 meningkat, faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik siswa yaitu motivasi belajar yang rendah dan stress, kurangnya perhatian orangtua terhadap perkembangan belajar anak, kurangnya kontrol diri ketika bermain gadget, dan kejenuhan belajar. Upaya yang dilakukan guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik menggunakan konseling individu dan kunjungan
rumah (home visit). Faktor pendukung pelaksanaan upaya guru BK dalam mengatasi prokrastinasi akademik yaitu pihak sekolah yang mendukung guru BK, orang tua siswa yang mau ikut bekerjasama, dan pihak sekolah (wali kelas) membantu guru BK mengumpulkan data siswa yang melakukan prokrastinasi akademik. Selanjutnya, faktor penghambatnya adalah sulit bertemu, jarak rumah siswa yang cukup jauh, dan sulitnya mengatur waktu dengan orangtua siswa.

Kata Kunci : Guru BK, Prokrastinasi Akademik


Full Text:

PDF

References


Anggito, A, dkk. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif, Jawa Barat: CV. Jejak.

Azam, U. Bimbingan dan Konseling Perlembangan di Sekolah Teori dan Praktik, Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Candra, U, dkk. (2014) “Faktor-Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kabupaten Temanggung”. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (3), 67.

Damayanti, N. (2012). Panduan Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Araska.

Daulay, N. (2014). Perilaku Penundaan (Procrastination) Pada Mahasiswa BKI FITK IAIN SU

Yang Sedang Menyusun Skripsi, Medan: Badan Penerbit FITK IAIN SU.

Daulay, N. (2019). Psikologi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.

Fiah, R. F, (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Bandar Lampung: LP2M IAIN Raden Intan Lampung.

Ghufron, N, M, dkk (2019). Teori-Teori Psikologi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Gracelyta, T, dkk, (2021“Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa di Masa Pandemi COVID-19”.

Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 8 (1),

Ilyas, M, dkk. (2017 “Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa di SMA Islam Terpadu (IT)

Boarding School Abu Bakar Yogyakarta”. Jurnal Pemikiran Islam, 41 (1), 72.

Junita, E. D, dkk. (2014). “Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Melalui Layanan

Penguasaan Konten”. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3 (1), 18.

Kustawan, D. (2016). Bimbingan & Konseling Bagi Anak Berkebutuhan Khusus, Jakarta: Luxima Media.

Moeleong, J, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif, Sulawesi Selatan: Ahmar Cendikia.

Setiadi, G, dkk. (2020) “Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Memotivasi Siswa Selama

Masa Pandemi COVID-19 Di SMA Darut Taqwa Pasuruan”. Jurnal Bimbingan dan

Konseling Islam, 2 (1), 93.

Sugijono. A. (2016). Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suryani, I, dkk. (2020). Pendidikan Madrasah Pada Masa Pandemi: Panduan Guru BK

Melaksanakan Pelayanan Melalui Online, Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah (Konsep, Teori, dan Aplikasinya), Jakarta: Kencana.

Syafaruddin, dkk, (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Medan: Perdana Publishing.

Syarqawi, A. (2019). Bimbingan & Konseling di Institusi Pendidikan, Medan: Perdana Publishing.

Syukur, Y, dkk. Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Malang: CV RDH

Tarmizi. (2018). Profesionalisasi Profesi Konselor Berwawasan Islami, Medan: Perdana Publishing.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi), Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional & Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. (2007). Jakarta: Visimedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v3i2.1202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :