PELAKSANAAN RATIONAL EMOTIVE BEHEVIOR THERAPY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA INTROVERT DI MTS SWASTA AL-WASLIYAH TEMBUNG

Mahyuni Siregar

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Bagaimana proses pelaksanaanRational Emotive Behaviour untuk Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah Siswa Introvert di Mts Swasta AlWashliyah Tembung? 2) bagaimana langakah-langkah pemecahan masalah Introvert di Mts Swasta Al-Washliyah Tembung? 3) Faktor Penyebab siswa berkepribadiaan Introvert di Mts Swasta Al-Washliyah Tembung? penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasidan dokumentasi yang disajikan dalam bab penyajian data .Hasil penelitian ini adalah 1 ) proses

pelaksanaan Rational Emotive Behevior untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah
siswa Introvert yang di lakukan peneliti adalah seperti apa yang ada dalam teori pada proses
konseling yaitu, identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi (Treatmen), serta evaluasi dan
follow up. 2) langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pemecahan suatu masalah adalah
memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana dan melihat kembali, kesalahan
dan kekeliruan dalam penyelesaian masalah. 3) faktor penyebab anak memiliki kepribadian
introvert adalah faktor keluarga faktor lingkungan dimana karena adanya tekanan-tekanan dari
lingkungan yang membuat anak itu menjadi introvert serta adanya rasa tidak percaya diri,
ketidakpercayaan akan kemampuan memechkan masalah dalam bergaul dengan orang lain yang
menyebabkan sesesorang akhirnya benar-benar menyebabkan seseorang sulit bergaul.
Kata Kunci: Rasional Emotive Behevior Therapy

 


Full Text:

PDF

References


Faqih, Aunur Rahim. (2011). Bimbingan dan Konseling dalam Islam, Yogyakarta: UII Press

Ghufron,Nur dan Risnawita Rini. (2011). Teori-teori Psikologi, Yogyakarta: Az Zurr Media.

Hamdi Muhammad. (2016). Teori Kepribadiaan Sebuah Pengantar, Bandung: Alfabeta

Hartono dan Soedmardji, Roy. (2011) Psikologi Konseling Edisi Revisi, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Khairani, Netrawati. Upaya Guru BK Mengentaskan masalah-masalah Perkembangan Remaja, Isamic Cunseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam , vol. 2, No. 1, 2018, hal.80

Kriyantono.(2009).Teknik Praktis Riset Disertai contoh Praktis Riset Media, Public Relations,

Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran, Jakarta, Prenada Media.

Mappiare Andi. (2011) . Pengantar Konseling dan Psikoterapi, Jakarta : Rajawali Press.

Moleong ,Lexy J (2006). Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, PTRemajaRosdaKarya.

Nelly, Fitriani.(2018). Hubungan Antara Kemampuan Pemecahan masalah Matematis Dengan

Self Confidence siswa SMP Yang Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematik

realistik. Jurnal Euclid. Vol 2 Nomor 2, p. 344

Nursyahrurrahman. (2017).Hubungan antara kepribadiaan Introvert Dan kelekaan Teman Sebaya Dengan Kesepian Remaja. Jurnal Ecopsy. Volume 4 Nomor 2

Nuzliah.(2015).Kontribusi Motivasi Belajar, Kreativitas Terhadap Problem Solving (Pemecahan

Masalah) Siswa Dalam Belajar Serta Implikasi Terhadap Bimbingan Dan Konseling Di

SMPN 29 Padang .Jurnal Edukasi,Vol 1 Nomor 2

Poerwadarminta. W. J. S (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta:Balai Pustaka

Prayitno dan Erman ,Amti. (2007). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta

Rahmat, Wahyu t. (2014). Tipe kepribadiaan dan kualitas persahabatan dengan kepercayaan Pada

Remaja Akhir, eJournal Psikologi. 2(2) : 206-216

Sumardyono, (2010).Pengertian Dasar Problem Solvin; Pentingnya Problem Solving

Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling, Yogyakarta: Andi Offset

Tohirin. (2013). Bimbingan Konseling Islam, Depok: Rajagarafs

Wena Made. (2011), Startegi Pembelajaran Inovatif Kontemporer, Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel. 2004. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Media Abadi.

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan, Juntika. (2008). Teori Kepribadiaan, Bandung : Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/mrs.v3i2.1200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

===========================================================================================================

  Flag Counter


LIPI ISSN REGISTERED NUMBER :

   ISSN (print) : 2656-2782          ISSN (online) : 2720-9806

 

INDEX BY :