EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS RADIO STREAMING PADA MASA NEW NORMAL COVID 19 DI SMA NAMIRA MEDAN

Gunawan Gunawan, Murtopo Murtopo

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang pesat tersebut diatas merupakan peluang terbaik untuk menciptakan karya-karya kreatif serta inovasi-inovasi terbaru, oleh karena itu penulis merencakan pembuatan aplikasi radio streaming berbasis web sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam, hiburan serta media pembelajaran pada SMA Namira Medan. Sesuai dengan hasil observasi awal yang dapat disimpulkan bahwa SMA Namira Medan harus memperbaiki serta membutuhkan sistem pengolahan pembelajaran untuk menunjang system pembelajaran dimasa New Normal. Pemutar radio yang berinovasi melalui aplikasi web yang dapat di akses melalui komputer PC atau laptop berbais android ini akan mempermudah penyampaian informasi pembelajaran secara langsung kepada seluruh stake holder SMA Namira Medan. Disisi lain android juga bukan merupakan sistem operasi yang asing bagi seluruh masyarakat Indonesia. Data yang sama juga menunjukan bahwa 88% pengisi kuisioner adalah pengguna sistem operasi android yang juga hanya menerima sedikit informasi dari SMA Namira Medan. Selain sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam, radio ini juga akan menjadi  media hiburan serta sebagai media sosialisasi bagi siswa yang sedang menempuh pendidikan di SMA Namira Medan yang merupakan sekolah yang bertujuan menciptakan lulusan yang lebih sensitive akan perkembangan teknologi.

Kata Kunci: Radio Streaming, Pembelajaran PAI, New Normal, Covid 19


Full Text:

PDF

References


Bungin, B. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta, PT Rajagrafindo Persada.

Marshal McLuhan. 1994. Understanding Media: The Extensions of Man. London: The MIT Press.

Gunawan, G. (2019). PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MOTION COMIC DAN EFEKTIVITASNYA DALAM PENYAMPAIAN MATERI AKHLAK PADA SISWA SEKOLAH DASAR NAMIRA MEDAN. TAZKIYA, 8(1).

Shalikhah, Norma Dewi.Maret 2017. Media Pembelajaran Interaktif Lektora Inspire Sebagai Inovasi Pembelajaran. WARTA LPM 20, 1:9-16

Sadiman, Arif. (2008). Media Pendidikan. Jakarta: Penerbit Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v9i2.837

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.