PERSONALITI NABI MUHAMMAD SAW DAN PENGARUHNYA BAGI PENDIDIKAN ISLAM

Junaidi Arsyad

Abstract


Penelitian ini membahas bagaimana personaliti Nabi Muhammad Saw. dan bagaimana pula pengaruhnya bagi pendidikan Islam. Hal ini didasari dari keberhasilan beliau mendidik para sahabat dengan dasar pendidikan yang sesuai dengan tuntutan ruh, jiwa dan fitrah manusia, sehingga para pengikutnya mampu menjadi pemimpin dunia untuk berabad-abad lamanya ketika mereka berpegang teguh dengan dasar-dasar tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitis. Dengan metode deskriptif tersebut dapat dijelaskan suatu gejala, kejadian maupun peristiwa yang terjadi pada saat sekarang dimana peneliti berusaha untuk memotret peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian untuk kemudian digambarkan apa adanya dengan mengumpulkan bahan-bahan bacaan yang diperlukan, memilah dan memilih bahan bacaan yang relevan, menelaah bahan-bahan bacaan, kemudian membuat kerangka tulisan, untuk selanjutnya dipaparkannya secara sistematis, mendalam, dan komprehensif terkait personaliti Nabi Muhammad Saw. dan pengaruhnya bagi pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima personaliti Nabi Muhammad Saw. yang berpengaruh pada pendidikan Islam yakni budi pekerti yang paripurna, baik dan belas kasih, murah hati dan dermawan, santun dan berwibawa serta zuhud, qona’ah dan tidak berlebihan. Begitu kuatnya pengaruh personaliti tersebut menjadikan begitu semaraknya kebangkitan ilmu pengetahuan dan pendidikan Islam sebagaimana yang ditoreh dalam tinta emas sejarah sebagaimana dalam tulisan ini.

Kata Kunci: Personality, Pendidikan, Islam


Full Text:

PDF

References


Abazhah, Nizar. (2013). Pribadi Muhammad, cet. II, Terj. Asy’ari Khatib. Jakarta: Zaman.

al-Bukhari, Abi ‘Abdullah Muhammad ibn Ismail. (1400 H). Jami’ as-Ṣahīh, cet. I, Kairo: Al-Matba’ah al-Salafiyah wa Maktabatuha,

Farid, Syaikh Ahmad. (2012). Pendidikan Berbasis Metode Ahlus Sunnah wal Jama’ah, cet. I, terj. Najib Junaidi. Surabaya: Pustaka Elba.

Gulen, Muhammad Fetullah. (2012). An-Nur al-Khalid Muhammad Mafkhirah al-Insaniyah, cet. 7. Turki: Dar Al-Nile.

Gulen, Muhammad Fethullah. (2012). Prophet Muhammad: Aspects of His Life. USA: New Jersey.

Ibnu Sa’ad, Muhamad ibn Mani’ az-Zuhri. (2001). At-Ṭabaqāt al-Kubra, cet. I. Kairo: Maktabah al-Khānjī.

Mansur, Yakhsayallah. (2015). Ash-Shuffah, Jakarta: Republika.

Nasution, S. (2003). Metodologi Penelitian Naturalistic Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Nata, Abuddin. (2011). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

asy-Syalhub, Fuad ibn ‘Abdul ‘Aziz. (t.t.). Al-Mu’allim al-Awwal. Riyad: t.p.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

at-Tirmizi, Imam Abu ‘Isa Muhammad ibn ‘Isa ibn Ṡaurah. (t.t.) Jami’ at-Tirmizi. Riyad: Baitul Afkar ad-Dauliyah.

Zaairul Haq, Muhammad. (2010). Muhammad Saw. Sebagai Guru. Bantul: Kreasi Wacana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30829/taz.v9i2.835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 TAZKIYA

Creative Commons License

Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, Jl. Williem Iskandar Pasar V, Medan Estate.